Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Klaster Sekolah Mulai Bermunculan Di Sukoharjo, Dua Sekolah Lockdown

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 13 November 2020, 19:13 WIB
Klaster Sekolah Mulai Bermunculan Di Sukoharjo, Dua Sekolah <i>Lockdown</i>
Klaster sekolah mulai muncul di Sukoharjo, Jawa Tengah/Net
rmol news logo Satgas Covid-19 Sukoharjo merilis kemunculan klaster sekolah, yakni di SMAN 1 Polokarto dan SMKN 6 Sukoharjo di Gatak.

Jurubicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, dr Yunia Wahdiyati mengatakan, munculnya klaster tersebut usai ada guru SMK Negeri 6 Sukoharjo yang terkonfirmasi positif corona.

Kasus tersebut diketahui berdasarkan hasil tracing kontak erat dengan tenaga kesehatan (nakes) di Kota Solo. Adapun nakes tersebut merupakan anggota keluarga yang sebelumnya terkonfirmasi positif corona dari hasil swab.

"Penularan dari karyawan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Surakarta, yang merupakan keluarga kasus pertama di sekolah," kata Yunia seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (13/11).

Yunia menyampaikan, saat ini untuk klaster SMK Negeri 6 Sukoharjo dilakukan uji swab terhadap 12 guru. Kondisi sekolah pun telah ditutup sementara waktu atau di-lockdown. Penutupan dilakukan hingga hasil uji swab keluar.

Yunia menambahkan, saat ini guru yang terkonfirmasi positif dan 12 guru lain tengah melakukan isolasi mandiri.

Dua hari sebelumnya, Dinas Pendidikan Sukoharjo juga me-lockdown SMAN 1 Polokarto karena juga ditemukan guru yang terkonfirmasi Covid-19.

Mengingat saat ini sudah bermunculan klaster baru, maka Yunia mengingatkan kepada masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Di antaranya tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dan selalu menjaga jarak atau tidak berkerumun. Langkah ini dinilai efektif menekan penyebaran Covid-19 di Sukoharjo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA