Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prokes Tetap Wajib Dilakukan Meski Sudah Ada Vaksin Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 17 November 2020, 10:01 WIB
Prokes Tetap Wajib Dilakukan Meski Sudah Ada Vaksin Covid-19
Ilustrasi/Net
rmol news logo Keberadaan vaksin Covid-19 yang saat ini tengah menjalani uji klinis tahap akhir jangan langsung dipandang sebagai akhir dari pandemi yang sudah lebih dari 6 bulan melanda tanah air.

Protokol Kesehatan (Prokes) 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan tetap wajib dilakukan meski telah mendapat vaksinasi Covid-19. Sebab, untuk penyelesaian vaksinasi massal hingga tercipta herd immunity membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Sesudah vaksin, 3M tetap wajib, karena kita tidak tahu siapa yang sudah divaksin dan siapa yang tidak mempunyai virus lagi di tenggorokannya," ujar Gurubesar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung, Cissy Kartasasmita, dalam siaran persnya, Selasa (17/11).

Cissy menjelaskan, vaksinasi yang dilakukan memang bisa melindungi seseorang dari penularan Covid-19. Akan tetapi, perlindungan tersebut tidak berlaku 100%. Sehingga tetap butuh upaya pencegahan.

"Kita tetap harus melakukan 3M. Kemudian tidak berkerumun. Kalau kita berada di antara banyak orang, kita harus lebih lagi patuh pakai masker," sambungnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Menurutnya, proses vaksinasi yang dilakukan dengan jumlah tertentu akan menghasilkan herd immunity. Hal tersebutlah yang menjadi target pemerintah untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

"Kapan akhir pandemi? Kita tidak tahu, tapi beberapa negara sudah 0 kasus baru. Kalau terjadi dalam jangka waktu lama mungkin tidak akan terjadi lagi penularan. Kita lihat masyarakat China sudah tidak pakai masker, sudah tidak jaga jarak, itu yang kita inginkan," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA