Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satgas Covid-19 Yakin Relawan Tetap Solid Bantu Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 19 November 2020, 19:53 WIB
Satgas Covid-19 Yakin Relawan Tetap Solid Bantu Pemerintah
Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19, Andre Rahadian/Net
rmol news logo Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) tidak pernah melakukan kegiatan terkait pengembalian atribut relawan seperti rompi dan tanda pengenal (ID Card).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penegasan itu disampaikan langsung Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19, Andre Rahadian kepada wartawan, Kamis (19/11).

Andre Rahadian menjelaskan bahwa pihaknya dapat memahami perasaan sejumlah relawan yang melakukan aksi tersebut sebagai bentuk aspirasi beberapa orang relawan. Posisi Satgas Covid-19, katanya, adalah menampung aspirasi para relawan.

“Tapi kami yakin dalam hati kecil para relawan mereka tetap lah relawan. Apalagi selama ini sudah terbukti kerja para relawan mampu membantu warga yang mengalami masa sulit selama wabah coronavirus ini,” ungkapnya yang selama delapan bulan ini mengkoordinasi 34.000 Relawan Satgas Covid-19 di seluruh Indonesia.

Andre menjelaskan bahwa selama bulan Oktober hingga Desember 2020, pihaknya telah melakukan kegiatan pelatihan untuk relawan di tujuh provinsi prioritas, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam, dan Papua.

Tujuannya, untuk mengajak langsung seluruh lapisan masyarakat melakukan perubahan perilaku dengan melibatkan 10 ribu Relawan Satgas Covid-19.

Perubahan perilaku tersebut, kata Andre, merupakan kunci dalam menghambat penyebaran Covid-19 sampai diberikannya vaksin.

Melibatkan para relawan dalam kampanye perubahan perilaku jauh lebih penting dibanding kegiatan membagikan masker, tanpa memberikan informasi dan pengertian pentingnya melaksanakan protokol kesehatan saat ini.

Selama ini, sambungnya, relawan bersama seluruh anggota masyarakat adalah bagian penting dari perubahan perilaku. Ia mengimbau agar seluruh relawan dan komponen masyarakat di manapun berada agar bahu-membahu untuk saling mengingatkan dan meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

“Termasuk mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” sambungnya.

Andre Rahadian pun yakin relawan akan terus solid membantu pemerintah menangani Covid-19 sampai ditemukan vaksinnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA