Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satgas Covid-19: Pemerintah Daerah Jangan Segan Meminta Bantuan Ke Pemerintah Pusat Terkait Penanganan Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 19 November 2020, 21:14 WIB
Satgas Covid-19: Pemerintah Daerah Jangan Segan Meminta Bantuan Ke Pemerintah Pusat Terkait Penanganan Corona
Jurubicara Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito/Net
rmol news logo Penanganan pandemi Covid-19 di derah terdampak diharapkan bisa maksimal, dan tidak ragu untuk meminta bantuan dari pemerintah pusat jika diperlukan.

Begitulah yang diungkapkan Jurubicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (19/11).

"Pemerintah pusat akan terus mendukung upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, kami minta pemda (pemerintah daerah) agar jangan segan meminta bantuan kepada pemerintah pusat," ujar Wiku.

Pemerintah pusat, lanjut Wiku, akan memberikan bantuan yang diperlukan untuk memastikan penanganan Covid-19 oleh pemerintah daerah, selaku Satgas, dapat berjalan dengan baik.

Sebagai contoh, pemerintah daerah harus memastikan perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit berjalan baik dan tidak mengalami penumpukan.

"Satgas daerah juga harus memastikan rumah sakit jangan sampai terisi penuh oleh pasien. Segera koordinasikan dengan pemerintah pusat jika rumah sakit berpotensi penuh," ungkapnya.

Nantinya, dijelaskan Wiku, pemerintah pusat akan membantu memberikan solusi dari masalah-masalah penanganan Covid-19 di daerah. Misalnya, dalam hal kapasitas rumah sakit yang penuh, bisa dibuatkan rumah sakit darurat.

"Jika dimungkinkan, Satgas Daerah dapat menggunakan rumah sakit darurat untuk menampung pasien Covid-19," demikian Wiku Adisasmito. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA