Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Publik Tak Perlu Takut, Vaksin Covid-19 Dijamin Aman Dan Halal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 19 November 2020, 22:45 WIB
Publik Tak Perlu Takut, Vaksin Covid-19 Dijamin Aman Dan Halal
Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito/Ist
rmol news logo Masyarakat diharapkan tidak takut dan ragu ketika vaksin Covid-19 sudah siap diberikan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pemerintah tengah memastikan vaksin yang akan digunakan aman, memiliki efektivitas dan halal dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dijelaskan Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, vaksin yang digunakan nantinya sudah lulus uji klinis tahap 3, dan menerima emergency use of authorization (EUA) dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) serta terdaftar di World Health Organization (WHO).

"Uji klinis merupakan tahap yang harus dilalui setiap vaksin untuk memastikan aman digunakan manusia dan memiliki efektivitas menghasilkan imunitas tubuh terhadap Covid-19," ungkap Wiku dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/11).

Dalam pengembangannya, Satgas melibatkan para pakar bidang kesehatan dan WHO untuk memonitor dan memastikan bahwa vaksin Covid-19 aman digunakan.

Bahkan untuk memastikan kesiapan program vaksinasi Covid-19, Presiden Joko Widodo sudah melakukan peninjauan simulasi vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Puskesmas Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu lalu (18/11).

Dari simulasi itu, masyarakat mengikuti seluruh tahapan vaksinasi dari mulai pendaftaran, memperoleh vaksinasi dan menunggu selama 30 menit paska vaksinasi untuk melihat reaksi penyuntikan vaksin, sebelum diperbolehkan pulang.

"Sekali lagi saya tekankan, vaksin yang akan digunakan nanti aman. Efek samping yang terjadi hanya bersifat minor dan sementara. Efek samping yang sangat besar sangat jarang ditemui, kita selalu memonitor dan mengantisipasi  semua keadaan ini," demikian Wiku. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA