Kegiatan Habib Rizieq Munculkan Tiga Klaster Baru Covid-19

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Muhammad Budi Hidayat (kemeja putih), dan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) Abdul Kadir (batik warna gelap)/Net

Kegiatan Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab telah menambah lonjakan kasus penyebaran Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Dalam dua minggu terakhir terdapat beberapa kerumunan massa terkait kedatangan dan kegiatan Habib Rizieq Shihab. Pertama, kedatangan Habib Rizieq Shihab dari Arab Saudi di Bandara Seokarno-Hatta atau Klaster Bandara.

Lalu di wilayah DKI Jakarta yaitu kegiatan pernikahan putri Habib Rizieq di Petamburan atau klaster Petamburan. Serta di Megamendung, Jawa Barat yaitu kegiatan ceramah Habib Rizieq dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW atau disebut Klaster Megamendung.
 
Penambahan kasus Covid-19 diketahui setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam kerumuman kegiatan tersebut.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Muhammad Budi Hidayat menyebutkan, temuan itu berdasarkan hasil tracing dan testing pada sejumlah kejadian tersebut, berdasarkan data per 19 November 2020.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan PCR di Labkesda pada 21 November 2020 ditemukan di Tebet total 50 positif, di Petamburan sebanyak 30 kasus positif dan di Megamendung 15 sedang menunggu hasil pemeriksaan,” ungkap Budi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (22/11).

Hadir dalam acara tersebut serta Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) Kemenkes Abdul Kadir.

Dengan demikian, kat Budi, jumlah kasus orang positif tertular virus corona telah mencapai 95 orang.

Sejauh ini kata dia, Kemenkes bersama Satgas Penanganan COVID-19 terus melakukan penguatan tracing dengan rasio 1: 30, yakni 1 pasien berbanding 30 kontak erat yang dilacak.

“Kemenkes bersama fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) terus melakukan pelacakan di tingkat kecamatan/puskesmas, percepatan pemeriksaan spesimen dan merujuk kasus konfirmasi tanpa gejala ke wisma/hotel tempat isolasi,” ujarnya.

Ia juga menyarankan apabila selama melakukan karantina mengalami gejala terinfeksi Covid-19 seperti batuk, pilek, sesak nafas, sakit tenggorokan, serta hilang indra penciuman dan perasa, maka segera kunjungi Puskesmas terdekat untuk dilakukan swab test.

Namun Budi meminta, upaya maksimal yang dilakukan pemerintah juga perlu mendapat dukungan dari masyarakat luas.

“Kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemimpin daerah agar memberikan teladan kepada masyarakat luas dalam penerapan protokol kesehatan. Kita harus bekerja sama dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Abdul Kadir mememastikan negara hadir dan bertanggungjawab dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 termasuk dalam kasus kegiatan Habib Rizieq Shihab ini.

“Negara hadir dan bertanggung jawab dalam memutus mata rantai penularan sekaligus menyediakan perawatan terbaik bagi masyarakat yang tertular Covid-19. Kami Meminta masyarakat agar terbuka dan mendukung para relawan pelacak kontak sebagai kontribusi memotong rantai penularaan,” tegasnya.

Ia pun mengajak sikap proaktif masyarakat untuk mau dan peduli dengan bersedia mendatangi titik-titik layanan kesehatan untuk diperiksa kesehatannya.

“Masyarakat bisa menjadi pahlawan kesehatan dengan kesediaan mereka untuk diperiksa serta menginformasikan siapa saja telah kontak erat dengannya jika ditemukan yang bersangkutan positif covid-19,” pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Kabar Baik, Ilmuwan Oxford Hampir Berhasil Temukan Vaksin Malaria
Kesehatan

Kabar Baik, Ilmuwan Oxford H..

06 Desember 2020 06:59
Penambahan Kasus Covid-19 Ibukota: 1.360 Positif, 1.016 Sembuh
Kesehatan

Penambahan Kasus Covid-19 Ib..

05 Desember 2020 23:20
Kasus Positif Covid-19 Naik Menjadi 569.707 Orang, Yang Aktif 81.669 Orang
Kesehatan

Kasus Positif Covid-19 Naik ..

05 Desember 2020 16:27
PPNI: 75 Persen Perawat Yang Meninggal Karena Covid-19 Bertugas Di Kamar Rawat Inap
Kesehatan

PPNI: 75 Persen Perawat Yang..

05 Desember 2020 15:43
Kasus Positif Dan Kematian Tenaga Medis Meningkat Tajam, PB IDI Minta Masyarakat Percaya Keberadaan Covid-19
Kesehatan

Kasus Positif Dan Kematian T..

05 Desember 2020 12:13
Angka Kematian Dokter Meningkat 3 Kali Lipat Pada Awal Desember
Kesehatan

Angka Kematian Dokter Mening..

05 Desember 2020 11:30
Ini Tips Psikolog Hilangkan Cemas Berlebih Akibat Pandemi Covid-19
Kesehatan

Ini Tips Psikolog Hilangkan ..

04 Desember 2020 22:08
Pandemi Covid-19 Rentan Memicu Gangguan Psikosomatis, Begini Mengatasinya
Kesehatan

Pandemi Covid-19 Rentan Memi..

04 Desember 2020 18:43