Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pantau Ketat Pilkada 2020, Ini Yang Dilakukan Satgas Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 25 November 2020, 04:18 WIB
Pantau Ketat Pilkada 2020, Ini Yang Dilakukan Satgas Covid-19
Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito/Ist
rmol news logo Perkembangan zonasi dari 319 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020 dipantau ketat oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan Kemendagri dan Polri.

"Upaya pencegahan lain yang dilakukan ialah merancang peraturan tahapan pemilihan serentak agar tidak memperbesar peluang penularan Covid-19," kata Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/11).

Sampai saat ini, berbagai pelaporan pelanggaran maupun hasil evaluasi simulasi pilkada menjadi bahan perbaikan kedepannya. Salah satu respons pemerintah yakni perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 6 menjadi PKPU nomor 13, maupun Satgas Covid-19 yang terus memfasilitasi penyediaan alat testing untuk keperluan screening.

Selain soal Pilkada Serentak 2020, Satgas Penanganan Covid-19 pusat dan daerah juga berkoordinasi ketika terjadi kerumunan seperti demonstrasi. Satgas daerah secara aktif melakukan tes screening, baik kepada pendemo yang diamankan maupun petugas pengamanan.

"Tidak berhenti pada upaya screening, bagi demonstran yang reaktif, dilanjutkan dengan testing untuk diagnostik dan isolasi atau perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara daerah setempat," tandas Wiku. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA