Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pandemi Covid-19 Rentan Memicu Gangguan Psikosomatis, Begini Mengatasinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 04 Desember 2020, 18:43 WIB
Pandemi Covid-19 Rentan Memicu Gangguan Psikosomatis, Begini Mengatasinya
Bincang Sehat bertajuk Atasi Kecemasan Berlebih Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Mindfulness/RMOL
rmol news logo Keharusan berkegiatan di dalam rumah di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini tak dipungkiri bisa memicu gangguan mental, seperti stres dan kecemasan atau disebut gangguan psikosomatis.

Oleh karenanya, masyarakat perlu mengontrol atas pikiran dan menumbuhkan sikap peduli pada diri sendiri untuk menghindari gangguan psikosomatis tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

Demikian disampaikan Clinical Psychologist, Mario Albert saat menjadi narasumber dalam serial Bincang Sehat bertajuk "Atasi Kecemasan Berlebih Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Mindfulness" yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (4/12).

"Psikosomatis sebenarnya fokusnya ada di kecemasan. Kalau perlu obat atau tidak, sebenarnya tergantung seberapa parah gejala fisik yang dialami," kata Mario Albert.

"Yang terpenting, kita harus lebih aware dengan pikiran apa yang muncul di kepala kita," imbuhnya.

Mario Albert lantas mengurai cara untuk menghindari gangguan psikosomatis itu dengan mengendalikan dan lebih peduli pada pikiran diri sendiri.

"Kenapa bisa terjadi psikosomatis, karena tenaga dari dalam tubuh bisa dipompa tetapi tidak ada yang bisa kita lakukan. Jadi wajar ketika sampai terjadi ke gejala fisik. Untuk itu, kita harus lebih aware dengan apa pikiran yang muncul di kepala kita," demikian Mario Albert. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA