Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angka Kematian Dokter Meningkat 3 Kali Lipat Pada Awal Desember

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 05 Desember 2020, 11:30 WIB
Angka Kematian Dokter Meningkat 3 Kali Lipat Pada Awal Desember
Foto/Net
rmol news logo Angka kematian dokter meningkat hingga tiga kali lipat pada awal Desember ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dalam siaran pers yang dibagikan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (5/12).

"Dalam kurun waktu seminggu pertama bulan Desember 2020, angka kematian tenaga medis naik hingga tiga kali lipat," terang Tim Mitigasi PB IDI dalam siaran pers.

Dalam catatan Tim Mitigasi PB IDI, dari Maret hingga Desember ini terdapat total 342 petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat terinfeksi Covid-19. Rinciannya, ada 192 dokter dan 14 dokter gigi, dan 136 perawat yang wafat.

Para dokter yang wafat tersebut terdiri dari 101 dokter umum (4 guru besar), dan 89 dokter spesialis (7 guru besar), serta 2 residen yang keseluruhannya berasal dari 24 IDI wilayah provinsi dan 85 IDI cabang kota/kabupaten.

Adapun berdasarkan sebaran wilayah, dokter dan tenaga medis yang meninggal paling banyak berada di Jawa Timur sebanyak 39 dokter, 2 dokter gigi dan 36 perawat.

Kemudian disusul DKI Jakarta 31 dokter 5 dokter gigi dan 21 perawat; Sumatera Utara 24 dokter dan 3 perawat; Jawa Barat 17 dokter, 3 dokter gigi dan 18 perawat; Jawa Tenagh 17 dokter dan 21 perawat; Sulawesi Selatan 7 dokter dan 3 perawat; Banten 7 dokter dan 2 perawat; Bali 6 dokter.

Kemudian, di Aceh 6 dokter dan 2 perawat meninggal dunia; Kalimantan Timur 5 dokter dan 3 perawat; Riau 5 dokter, Yogyakarta 2 dokter dan 2 perawat, Kalimantan Selatan 4 dokter, 1 dkter gigi dan 6 perawat; Sumatera Selatan 4 dokter dan 5 perawat; Kepulauan Riau 3 dokter dan 2 perawat; Sulawesi Utara 3 dokter.

Selain itu, Nusa Tenggara Barat 2 dokter meninggal; Sumatera Barat 1 dokter, 1 dokter gigi dan 2 perawat; Kalimantan Tengah 1 dokter dan 2 perawat; Lampung 1 dokter dan 1 perawat; Maluku Utara 1 dokter dan 1 perawat; Bengkulu 1 dokter; Sulawesi Tenggara 1 dokter dan 2 dokter gigi; Papua Barat 1 dokter.

Adapun sisanya tersebar di Papua 2 perawat; Daerah Penugasan Luar Negeri (DPLN) di Kuwait 2 perawat; Nusa Tengara Timur 1 perawat; Kalimantan Barat 1 perawat.

Tim Mitigasi PB IDI menghimbau kepada  masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan agar tidak membahayakan orang lain, menghindari kegiatan berkerumun dan atau yang melibatkan orang banyak, serta menghimbau para tenaga medis dan kesehatan agar tetap waspada dan tetap menggunakan APD dalam menjalankan tugas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA