Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar: Orang Yang Sudah Sembuh Dari Covid-19 Sebaiknya Juga Diberikan Vaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 10 Desember 2020, 09:46 WIB
Pakar: Orang Yang Sudah Sembuh Dari Covid-19 Sebaiknya Juga Diberikan Vaksin
Dokter Schockmel dari Hôpitaux Robert Schuman, Luksemburg/Net
rmol news logo Pasien yang telah pulih dari Covid-19 bisa terinfeksi lagi jika tingkat antibodi alami mereka berkurang seiring waktu. Untuk itu orang yang pernah memiliki riwayat terpapar Covid-19 semestinya juga diberikan suntikan vaksin.

Dokter Schockmel dari Hôpitaux Robert Schuman, Luksemburg, mengatakan bahwa tubuh terus-menerus menyerap sekuens molekuler sepanjang rentang hidup, memungkinkannya merespons penyakit dan infeksi. Oleh karena itu, vaksin ini dianggap sangat penting terutama untuk pasien berisiko, karena tidak termasuk organisme virus yang hidup atau dilemahkan.

"Penting bagi semua orang untuk mendapatkan vaksinasi, bahkan mereka yang sudah pulih dari virus. Hanya mereka yang menderita penyakit kritis yang dianggap telah mengembangkan cukup antibodi," kata Schockmel, seperti dikutip dari RTF, Rabu (9/12) wakru setempat.

Menurutnya, meskipun virus corona bermutasi model vaksin saat ini harus tetap memadai.

Beberapa negara mulai melakukan penyuntikkan vaksin virus corona. Pemberian vaksin diutamakan bagi mereka berada di garda terdepan penanganan Covid serta orang yang rentan terhadap penularan.

Dokter David Thomas, profesor kedokteran dan direktur divisi penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins, mengatakan bahwa vaksin sesungguhnya dibutuhkan untuk semua orang, walau ada kriteria tertentu untuk yang harus diprioritaskan.

“Rekomendasi umumnya adalah mendapatkan vaksin, bahkan jika Anda sebelumnya terinfeksi,” katanya, seperti dikutip dari NBC. Menegaskan bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk semua orang mendapatkan vaksin Covid-19.

Infeksi ulang Covid-19 dianggap sebagai peristiwa yang jarang terjadi, tetapi jika kadar antibodi alami berkurang seiring waktu, seseorang bisa saja terinfeksi lebih dari sekali.

Para dokter dan ahli penyakit menular setuju bahwa yang sudah sembuh dari Covid pun bisa mendapatkan vaksin. Bagaimana pun, orang harus divaksinasi meskipun mereka mungkin memiliki kekebalan pelindung alami.

"Bagi orang yang selama ini aman dari virus corona dan merasa sehat, vaksin jutsru bisa  meningkatkan kekebalan dari infeksi awal," kata David Thomas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA