Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Nataru, Orang Berpergian Wajib Swab Test

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 18 Desember 2020, 10:05 WIB
Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Nataru, Orang Berpergian Wajib Swab Test
Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito/Repro
rmol news logo Menghadapi libur panjang untuk perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 susun aturan baru mengenai syarat tes Covid-19 bagi orang yang berpergian.

Jurubicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menerangkan, jenis tes Covid-19 yang akan dijadikan syarat perjalanan adalah tes usap atau Swab Test Antigen.

"Dengan upaya screening melalui swab antigen yang diakui sebagai alat screening Covid-19 oleh WHO (organisasi kesehatan dunia)," ujar Wiku dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (18/12).

Syarat perjalanan tersebut, disebutkan Wiku, tengah disusun oleh pemerintah. Meski terkesan sulit, dia meminta masyarakat menyadari kebijakan yang akan dikeluarkan tersebut ditujukan untuk melindungi masyarakat dan mencegah lonjakan penularan kasus Covid-19.

"Satgas menghimbau masyarakat dapat patuh, sehingga kebijakan yang dikeluarkan dapat berjalan dengan efektif," ungkapnya.

Selain untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus, Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 ini ingin memastikan beban fasilitas kesehatan di rumah sakit tidak menjadi berat.

Karena, dia berkaca pada pengalaman terdahulu saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 saat masa libur panjang sebelumnya yang membuat kapasitas tempat tidur yang tersedia di ruang isolasi dan ruang ICU mencapai lebih dari 70 persen.

Karena itu pula, beban para tenaga medis di rumah sakit pun menjadi bertambah berat, dan bertambahnya potensi kasus positif Covid-19 dari kalangan tenaga kesehatan.

"Dan yang paling kita khawatirkan adalah bertambahnya korban jiwa akibat Covid-19," demikian Wiku Adisasmito. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA