Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Wakil Menteri Kesehatan, Ini Profil Dan Prestasi Dante Saksono Harbuwono

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 23 Desember 2020, 09:32 WIB
Jadi Wakil Menteri Kesehatan, Ini Profil Dan Prestasi Dante Saksono Harbuwono
Dante Saksono Harbuwono/Net
rmol news logo Bongkar pasang kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo tidak hanya dilakukan pada tataran menteri, tapi juga wakil menteri. Salah satunya adalah Kementerian Kesehatan.

Untuk menemani Budi Gunadi Sadikin yang kemarin telah ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan yang baru, Jokowi kini memberikan kepercayaan kepada ahli molekular diabetes, Dante Saksono Harbuwono.

Sosok Dante yang akan ikut dilantik pagi ini oleh Jokowi memiliki profil dan prestasi yang mumpuni di bidang kesehatan.

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 ini memulai karier kedokterannya dengan menyelesaikan studi dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pada tahun 1997.

Tak berhenti disitu, Dante langsung ia langsung melanjutkan program pendidikan dokter spesialis penyakit dalam di Universitas Indonesia dan lulus di tahun 2004. Kemudian, dia kembali mengambil studi di University of Yamanashi, Jepang untuk mendapat gelar PhD dengan bidanh Molecular Diabetes.

Selain itu, Dante juga telah memiliki sederet pengalaman dalam banyak organisasi kedokteran di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah, Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Kolegium Persatuan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Sekjen Himpunan Studi Obesitas Indonesia (Hisobi), Komnas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)), dan Kemendiknas Dirjen Dikti.

Sepak terjangnya di bidang kesehatan juga tercatat saat masuk menjadi salah satu tim kesehatan kepresidenan Indonesia, dan menyabet sejumlah penghargaan, misalnya Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan pada tahun 2013 dan Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Japan pada tahun 2013. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA