Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu Wadahi Pertukaran Data Dengan Tim Ahli Turki Dan Brasil Terkait Uji Klinis Sinovac

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Desember 2020, 14:03 WIB
Kemlu Wadahi Pertukaran Data Dengan Tim Ahli Turki Dan Brasil Terkait Uji Klinis Sinovac
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Repro
rmol news logo Kementerian Luar Negeri terus memfasilitasi pertemuan tim ahli Indonesia dengan negara-negara lain, khususnya negara yang juga menjalani uji klinis vaksin Sinovac.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pihaknya ikut mendorong pertukaran data keilmuwan perihal uji klinis Sinovac, khususnya dengan tim ahli dari Turki dan Brasil.

"Kemlu telah memfasilitasi pertemuan besar virtual antara tim Indonesia dengan tim Turki pada Minggu, 27 Desember lalu. Selain itu, komunikasi dengan Brasil juga terus dilakukan," jelas Retno dalam konferensi pers virtual pada Rabu (30/12).

Menurut Retno, pertukaran data sangat penting sebagai bahan pertimbangan pemberian emergency use authorization (EUA) oleh Badan POM.

"Seperti yang disampaikan Bapak Presiden berkali-kali, bahwa prinsip kehati-hatian harus terus dipegang, dan kesehatan atau keselamatan masyarakat adalah prioritas nomor satu," tegasnya.

Sejauh ini, Turki dan Brasil sudah merilis hasil awal uji klinis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan China, Sinovac.

Turki mengumumkan tingkat kemanjuran vaksin Sinovac berdasarkan hasil awal uji klinis adalah 91,25 persen. Sementara Brasil menyebut tingkat kemanjuran vaksin Sinovac hasil uji klinis di negaranya berada pada angka 50 hingga 90 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA