Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Ada Vaksin, Fahira Idris: Kecepatan Penyebaran Corona Hanya Bisa Dikejar Dengan Tiga Strategi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 12 Januari 2021, 13:32 WIB
Meski Ada Vaksin, Fahira Idris: Kecepatan Penyebaran Corona Hanya Bisa Dikejar Dengan Tiga Strategi
Anggota DPD RI Fahira Idris/Net
rmol news logo Peningkatan testing, tracing dan treatment (3T) harus tetap dilakukan pemerintah meski saat ini vaksin Sinovac telah mengantongi izin penggunaan darurat dari BPOM dan dinyatakan halal.

Anggota DPD RI, Fahira Idris mengungkapkan, jika proses vaksinasi diiringi dengan peningkatan kapasitas 3T, pengendalian pandemi Covid-19 bisa lebih cepat. Apalagi bila ditambah dengan disiplin 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Pemerintah diharapkan tidak hanya berfokus pada vaksinasi, tetapi juga berusaha keras untuk meningkatkan kapasitas 3T secara nasional sesuai standar WHO. Di satu sisi masyarakat juga harus semakin disiplin 3M," kata Fahira dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/1).

"Kecepatan penyebaran virus hanya bisa kita 'kejar' dengan tiga tindakan atau strategi ini (vaksin, 3T dan 3M),” sambungnya.

Idealnya, kata dia, kapasitas tes Covid-19 baik swab atau PCR bisa melampaui standar yang ditetapkan WHO setelah 10 bulan menjalani pandemi. Di sisi lain, ia menyebut peningkatan kasus positif diakibatkan jumlah tes yang masih belum sesuai standar.

“Saya berharap ke depan, terutama saat tahapan vaksinasi berlangsung, pemerintah juga melakukan akselerasi tes Covid-19. Jika hanya mengharapkan vaksin, pandemi ini akan butuh waktu lama untuk dikendalikan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA