Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Aktif Covid Meningkat 122 Persen, Doni Monardo Pastikan Kapasitas RS Mencukupi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 12 Januari 2021, 14:44 WIB
Kasus Aktif Covid Meningkat 122 Persen, Doni Monardo Pastikan Kapasitas RS Mencukupi
ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo/Repro
rmol news logo Jumlah kasus positif aktif Covid-19 meningakat signifikan hanya dalam kurun waktu dua setengah bulan.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo mengungkapkan, peningkatan tersebut terjadi mulai pertengahan November 2020
hingga Senin kemarin (11/1).

"Pada awal Minggu kedua bulan November tahun lalu kasus aktif kita berada diposisi terendah, yaitu 12,12 persen dengan akumulasi sebesar 54 ribu orang," ujar Doni dalam jumpa pers kedatangan vaksin Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1).

"Tetapi, pada hari ini atau hari kemarin tercatat kasus aktif kita sudah mencapai sekitar 123 ribu orang. Artinya, telah terjadi peningkatan lebih dari dua kali lipat, tepatnya sebanyak 122 persen," sambungnya.

Dari data tersebut, Doni memastikan upaya-upaya dari pemerintah pusat sudah dilakukan, agar bisa menangani lonjakan kasus tersebut.

"Oleh karenanya, berbagai langkah dan upaya telah dilakukan oleh pemerintah. Atas perintah Bapak Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin) telah menambah kapasitas rumah sakit Covid, termasuk ketersedian BOR (Bed Occupancy Rate) untuk ICU dan juga untuk ruang isolasi," ungkapnya.

Upaya yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19, Doni mengaku telah memerintahkan seluruh jajarannya di daerah untuk mengaktifkan kembali posko Covid-19. Mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga di desa-desa.

"Ini untuk bisa mengetahui perkembangan yang terjadi di seluruh daerah dan melakukan langkah-langkah pencegahan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah," tuturnya.

Namun menurut Doni, upaya yang dilakukan pemerintah dan Satgas tidak cukup, jika tidak dibarengi dengan kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, serta mencucui tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

"Saya mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Karena disinilah kunci utama kita memutus rantai penularan," himbaunya.

"Kita berharap penanganan Covid di Tanah Air semakin baik dengan kerjasama seluruh komponen. Kolaborasi dan gotong royong menjadi kekuatan bangsa kita. Mudah-mudahan Tuhan, Allah SWT melindungi kita," demikian Doni Monardo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA