Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pastikan Korban Gempa Sulbar Aman Dari Penularan Covid-19, Kemenkes Lakukan Tes PCR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 20 Januari 2021, 10:58 WIB
Pastikan Korban Gempa Sulbar Aman Dari Penularan Covid-19, Kemenkes Lakukan Tes PCR
Ilustrasi tes Covid-19/Net
rmol news logo Upaya pencegahan penularan Covid-19 juga dilakukan di wilayah tedampak gempa bumi Sulawesi Barat (Sulbar).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu upaya yang dikerjakan Kementerian Kesehatan (Kemenskes) adalah melakukan proses screening dan testing ulang kepada masyarakat

Kepala Pusat Krisis Kemenkes, Budi Sylvana menerangkan, Kemenkes akan terus melakukan proses screening dan testing agar bisa memisahkan warga yang teridikasi positif dengan yang sehat dalam kondisi darurat bencana di SUlbar tersebut.


"Kami sudah melakukan proses screening ulang dan testing di rumah sakit, sehingga dalam satu sampai dua hari kedepan Kemenkes sudah dapat mengetahui serta memisahkan langsung pasien positif dan negatif Covid-19,” ujar Budi dalam siaran Pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (20/1).

Budi mengungkapkan pelayanan kesehatan pada penanganan bencana dalam kondisi normal dengan saat kondisi pandemi Covid-19. Karenanya, Kemenkes memiliki dua pekerjaan yag mesti dilakukan. Yaitu, menangani kesehatan korban bencana dan mencegah penularan virus corona.

“Di satu sisi Kemenkes harus menangani masalah kesehatan secara umum, namun Kemenkes juga tidak boleh berhenti untuk menangani pandemi dan menekan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi,” ungkapnya.

Untuk mendukung upaya tersebut, Budi menjelaskan, Kemenkes telah mendatangkan beberapa tim dari dari Jakarta maupun Makassar untuk untuk melakukan proses tracing di titik pengungsian.

Selain itu, Kemenkes juga memisahkan pasien positif dan negatif COVID-19 di rumah sakit serta memastikan proses testing baik antigen maupun tes Polymerase Chain Reaction (PCR) berjalan dengan baik.

Untuk perangkat dan alat-alat pendukung tes PCR, Kemenkes mendatangkan mobil PCR dari Makassar, sehingga pelaksanaan tes, termasuk tes antigen maupun PCR dapat dilakukan secara langsung di Kabupaten Mamuju.

“Per hari Selasa (19/1) Kemenkes mendatangkan mobil PCR dari Makassar beserta timnya, sehingga untuk pemeriksaan PCR maupun antigen bisa langsung dilaksanakan di Kabupaten Mamuju,” tuturnya.

Lebih lanjut, menghimbau kepada seluruh warga Sulbar untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA