Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Palang Merah Thailand Minta Pasien Covid-19 Yang Pulih Sumbangkan Plasma

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 04 Februari 2021, 07:42 WIB
Palang Merah Thailand Minta Pasien Covid-19 Yang Pulih Sumbangkan Plasma
Thai Red Cross Society/Net
rmol news logo Penelitian telah membuktikan bahwa plasma pasien yang pulih dari Covid-19 mengandung antibodi terhadap virus corona. Potensi plasma 'Covid-19 Convalescent Plasma' (CCP), diyakini dapat mengekang keparahan sindrom pernapasan akut yang disebabkan oleh virus tersebut.

Sejak April 2020 Palang Merah Thailand (TRCS) mendukung gerakan 'sumbang plasma pasien Covid-19 yang sudah pulih' sepenuhnya. Hasilnya, sebanyak 400 orang telah mendaftar untuk menyumbangkan plasmanya, seperti dilaporkan TheThaiger, Rabu (3/2).

"Namun, hanya 152 dari mereka yang lolos untuk berdonasi. Dari jumlah itu, terkumpul sebanyak 383 kantong Covid-19  CCP yang layak," ujar Dootchai Chaiwanichsiri, Direktur Pusat Darah Nasional Palang Merah, menambahkan bahwa hal itu sangat membantu orang lain yang terinfeksi oleh virus.

Sejauh ini, 5 rumah sakit telah menggunakan CCP untuk merawat 9 pasien termasuk 6 di antaranya telah pulih, 2 yang saat ini menerima pengobatan dan 1 yang meninggal.

Untuk bisa mendonorkan plasmanya. ada syarat-syarat tertentu, yaitu harus berusia minimal 17 tahun dan beratnya minimal 50 kilogram. Mereka harus dalam keadaan sehat dan harus memiliki diagnosis Covid-19 yang diverifikasi sebelumnya dam telah dinyatakan sembuh sepenuhnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA