Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sehat Dan Bugar Yes, Ini Anjuran Terbaru WHO Soal Olahraga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 05 Februari 2021, 17:19 WIB
Sehat Dan Bugar <i>Yes</i>, Ini Anjuran Terbaru WHO Soal Olahraga
Dokter kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO dalam program Bincang Sehat/RMOL
rmol news logo Kesehatan merupakan hal yang tidak ternilai harganya, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang masih menghantui tanah air hingga saat ini.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan di tengah pandemi juga merupakan bagian dari tanggungjawab setiap individu bukan hanya untuk menjaga dirinya, tapi juga keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

Namun, apakah sehat saja cukup? Tentu saja tidak. Selain sehat, hal lain yang juga diperlukan adalah bugar.

Apa bedanya sehat dan bugar?

"Kita ambil contoh, ada orang yang baru selesai medical check-up dan dinyatakan sehat dan tidak ada Covid-19. Lalu dia ke kantor dan kebetulan lift kantor rusak, sehingga dia harus naik tangga tiga lantai. Sampai di atas, dia terengah-engah dan baru bisa mulai bekerja setelah setengah jam kemudian. Itu artinya apa? Dia sehat tapi tidak bugar," ujar dokter kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO dalam program Bincang Sehat bertajuk "Olahraga Anti Rumit Selama Pandemi" yang dilaksanakan oleh Kantor Berita Politik RMOL pada Jumat (5/2).

"Dengan demikian, kita butuh bukan hanya sehat tapi juga bugar agar kita mampu melakukan pekerjaan dengan baik. Kalaupun capek setelah naik tangga, itu wajar. Namun orang yang bugar akan cepat recovery," sambungnya.

Karena itu dr. Michael menjelaskan bahwa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, salah satu faktor yang tidak boleh luput adalah melakukan olahraga dengan teratur, di samping juga menjaga pola makan dan gaya hidup.

Lalu, bagaimana intensitas olahraga yang tepat?

Merujuk pada anjuran terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per November 2020, kita harus olahraga 150 menit per minggu dengan intensitas sedang.

"Kok lama sekali Dok? Tidak, jika dalam satu minggu itu frekuensinya lima hari. Berarti setiap harinya cukup olahraga ringan sekitar 30 menit," papar dr. Michael.

"Itu pun masih bisa dicicil. Jadi jangan salah! Bukan hanya kredit dan belanja online yang bisa dicicil, olahraga juga, misalnya dibagi 10 menit, 10 menit dan 10 menit setiap hari. Tapi saya lebih suka diselesaikan langsung 30 menit itu," jelasnya.

"Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga," demikian dr. Michael. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA