Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua Satgas Covid-19 Percayakan RT/RW Sebagai Ujung Tombak PPKM Skala Mikro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 07 Februari 2021, 22:19 WIB
Ketua Satgas Covid-19 Percayakan RT/RW Sebagai Ujung Tombak PPKM Skala Mikro
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo/Ist
rmol news logo Kesuksesan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat akan sangat bergantung pada keterlibatan RT/RW di masing-masing daerah di Indonesia.

Dalam pelaksanaan PPKM skala mikro, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut nantinya akan dibentuknya Posko Tanggap Covid-19 tingkat Desa/Kelurahan.

"Sebagaimana perintah bapak Presiden Jokowi, pengendalian Covid berada pada skala yang terendah, yaitu di tingkat desa dan kelurahan. Namun dalam pelaksanaannya, ujung tombaknya adalah RT dan juga RW," kata Doni yang disampaikan secara virtual, Minggu (7/2).

Untuk saat ini, ia berharap ada masukan-masukan serta strategi dalam memutus penularan Covid-19. Di sisi lain, PPKM skala mikro diakuinya menjadi strategi pamungkas dalam menekan laju Covid-19.

Sebab dalam kenyataan di lapangan, kasusnya aktif terus meningkat sepanjang pandemi Covid-19 yang hampir berjalan satu tahun. Bila hal tersebut tak segera dikendalikan, bukan tidak mungkin kapasitas rumah sakit di Indonesia tak mampu dalam menampung pasien Covid-19.

"Yang pasti juga tenaga kesehatan kita sangat terbatas. Korban dari para pejuang kemanusiaan dokter dan perawat dan tenaga kesehatan lainnya sudah cukup banyak," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA