Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mindset Sehat Dan Empat Faktor Keberhasilan Program Hamil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 14 Februari 2021, 10:51 WIB
Mindset Sehat Dan Empat Faktor Keberhasilan Program Hamil
Ilustrasi/Net
rmol news logo Memiliki buah hati merupakan anugerah yang paling diidam-idamkan oleh banyak pasangan. Namun tidak semua pasangan mudah mendapatkan buah hati, beberapa memerlukan usaha yang lebih.

Kondisi fisik dan psikis yang sehat merupakan dua hal penting yang harus dijaga untuk mereka yang tengah berupaya mendapatkan keturunan.

Sebelum melakukan program hamil, Konsultan Fertility Endokrinologi Reproduksi RS EMC Tangerang, Dr. Marinda Suzanta mengatakan pentingnya menghilangkan "keinginan" untuk hamil.

"Dengan Anda santai, rahim Anda, tuba Anda akan lebih rileks menerima sperma. Peran mindset untuk meningkatkan fertilitas itu penting sekali," ujarnya dalam Farah ZoomTalk bertajuk "Hamil Aman dan Sehat di Masa Pandemi" pada Minggu (14/2).

Di samping itu, ada empat faktor lainnya yang ikut menentukan keberhasilan program hamil.

"Pertama sperma. Sperma itu pemeran utama jadi harus dicek pertama. Karena banyak yang datang ke klinik, sperma belum diperiksa," terang Dr. Marinda.

Selain sperma, rahim yang sehat sebagai "tempat tidur bayi" juga sangat penting. Pemeriksaan hiteroskopi atau teropong rahim juga diperlukan.

Faktor lainnya adalah tuba atau saluran telur. Tuba menjadi sangat penting karena menjadi tempat terjadinya proses fertilasi. Sementara faktor terakhir adalah ovulasi atau masa pembuahan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA