Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prof Wiku Targetkan Vaksinasi Petugas Pelayan Publik Dan Lansia Rampung Bulan Mei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 17 Februari 2021, 06:21 WIB
Prof Wiku Targetkan Vaksinasi Petugas Pelayan Publik Dan Lansia Rampung Bulan Mei
Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito/Ist
rmol news logo Program vaksinasi Covid-19 siap dilanjutkan ke tahap kedua dan ketiga yang diperuntukkan bagi warga lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, tahap kedua dan ketiga ini ditargetkan selesai pada bulan Mei 2021.

"Nantinya pendataan daftar penerima vaksin merunut data yang dimiliki BPJS Kesehatan, Dukcapil, dan hasil koordinasi dari kementerian dan lembaga terkait," ujar Wiku dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/2).

Pemerintah akan menimbang jumlah kasus dan tingkat penularan, kesiapan kapasitas penyimpanan vaksin, dan daerah yang telah mencapai target cakupan vaksinasi tenaga kesehatan untuk menentukan urutan penerima vaksinasi.

Sejauh ini, kata Wiku, tidak ditemukan adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dalam program vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan sebelumnya.

Namun untuk mengantisipasi KIPI, pemerintah telah membuat skema alur kegiatan pelaporan dan pelacakan KIPI dengan menetapkan kontak person dari setiap fasilitas kesehatan sebagai pusat informasi bagi para penerima vaksin.

Jika terdapat kejadian bersifat ringan dan sedang, fasilitas kesehatan akan segera menindaklanjuti dengan penanganan. Sedangkan untuk kejadian serius, akan dilaporkan berjenjang kepada instansi kesehatan pada wilayah administratif di atasnya.

"Masyarakat juga dapat melihat format investigasi serta panduan penggunaan web keamanan dan vaksin di lampiran juknis Covid-19," pungkas Wiku. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA