Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ilmuwan Wuhan Temukan Pengaruh Buruk Virus Influenza Pada Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 22 Februari 2021, 08:45 WIB
Ilmuwan Wuhan Temukan Pengaruh Buruk Virus Influenza Pada Covid-19
Ilustrasi/Net
rmol news logo Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di China menunjukkan bahwa virus influenza A dapat memperburuk infeksi Covid-19.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Wuhan itu telah diterbitkan dalam sebuah makalah di jurnal Cell Research, seperti dikutip The Straits Times, Minggu (21/2).

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan pada sel dan tikus, para ilmuwan melaporkan virus influenza A dapat meningkatkan infeksi Covid-19. Meski interaksi antara virus influenza dan virus corona baru masih belum jelas.

Para peneliti menemukan bahwa infeksi virus influenza A yang ada secara signifikan mendorong masuknya dan replikasi virus corona baru di berbagai sel saluran pernapasan manusia dan sel jaringan paru-paru.

Selain itu, virus influenza A juga meningkatkan viral load Covid-19, yang menyebabkan paru-paru lebih parah.

Dalam eksperien lainnya, efek serupa terhadap Covid-19 tidak terlihat pada beberapa virus pernapasan lainnya. Sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa virus influenza A memiliki kemampuan unik untuk memperburuk infeksi Covid-19

Para ilmuwan kemudian mengimbau pentingnya mencegah infeksi influenza selama pandemi Covid-19. Mereka menyarankan agar orang-orang dengan koinfeksi tinggi dapat divaksinasi influenza dan Covid-19.

Mereka juga menekankan bahwa pengembangan obat antivirus spektrum luas baru yang menargetkan lebih dari satu virus diperlukan untuk pengobatan penyakit koinfeksi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA