Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Untuk Hentikan Pandemi, Herd Immunity Harus Dicapai Di Semua Tempat Secara Bersamaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 01 Maret 2021, 11:14 WIB
Untuk Hentikan Pandemi, Herd Immunity Harus Dicapai Di Semua Tempat Secara Bersamaan
India diperkirakan akan segera mencapai herd immunity/Getty Images
rmol news logo Perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, kurang dari 10 persen populasi global memiliki antibodi terhadap virus corona.

Kepala Ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan mengatakan, berdasarkan 500 studi, dapat disimpulkan kurang dari 10 persen populasi memiliki kekebalan. Namun tingkat kekebalan di setiap wilayah berbeda

"Tentu saja di beberapa tempat, seperti khususnya di pemukiman perkotaan dengan kepadatan sangat tinggi, ada kantong di mana 50 hingga 60 persen populasinya telah terpapar virus dan memiliki antibodi," ujarnya dalam transkrip wawancara yang dirilis situs resmi WHO pada Minggu (28/2).

Kendati ada wilayah yang memiliki kekebalan kawanan atau herd immunity, namun ia mengimbau agar protokol kesehatan tetap dijalankan, khususnya untuk melindungi mereka yang rentan.

Lantaran ketika individu yang rentan keluar dari daerah dengan tingkat kekebalan tinggi, ia memiliki risiko tinggi terfineksi Covid-19.

Sehingga untuk menghentikan pandemi, Swaminathan menggarisbawahi pentingnya mencapai herd immunity di semua tempat secara bersamaan dengan vaksinasi.

Menurut Swaminathan, vaksin yang saat ini disetujui dapat memberikan perlindungan yang baik terhadap penyakit parah, rawat inap, dan kematian akibat Covid-19.

Pernyataan Swaminathan merupakan komentarnya  atas studi yang menyebutkan bahwa hampir setengah populasi di India memiliki antibodi Covid-19, sehingga para peneliti memprediksi herd immunity akan segera terbentuk di sana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA