Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenkes: Corona B117 Menular Lebih Cepat Menular, Tapi Tidak Menyebabkan Bertambah Parahnya Penyakit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 04 Maret 2021, 09:44 WIB
Kemenkes: Corona B117 Menular Lebih Cepat Menular, Tapi Tidak Menyebabkan Bertambah Parahnya Penyakit
Ilustrasi virus/Net
rmol news logo Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah membuat langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus corona B117. Virus varian baru yang kali pertama terdeteksi di Inggris ini, ternyata sudah masuk ke Indonesia.

Sebanyak dua orang di Karawang sudah terpapar virus ini. Keduanya merupakan pendatang dari Arab Saudi. Tapi tiba di Indonesia tidak secara bersamaan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa treatment yang perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini sama seperti pencegahan Covid-19.

"Tentunya penguatan 3M (protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Deteksi dini dengan penguatan testing, peningkatan pelacakan kasus dan isolasi," kata Nadia kepada wartawan, Kamis (4/3).

Nadia mengatakan vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus itu. Meski pemerintah sedang mempercepat vaksinasi, dia berharap masyarakat juga semakin meningkatkan kewaspadaan.

Menurutnya, satu-satunya cara untuk mencegah penularan virus adalah dengan protokol kesehatan 3M plus mengindari kerumuman dan membatasi mobilitas.

Terakhir dia memastikan bahwa penyakit jenis ini lebih cepat menular ketimbang Covid-19.

"Virus ini lebih cepat menular, tapi tidak menyebabkan bertambah parahnya penyakit,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA