Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhub Pastikan KBM Tatap Muka STPI Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 06 Maret 2021, 19:44 WIB
Menhub Pastikan KBM Tatap Muka STPI Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (paling kiri) saat meninjau persiapan KBM tatap muka di STPI Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (6/3)/Repro
rmol news logo Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan, yakni Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), akan dimulai pekan depan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan kepada Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, KBM tatap muka di STPI akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Salah satu contoh protokol kesehatan yang akan diterapkan di STPI nanti, disebutkan Budi, adalah dengan membatasi jumlah mahasiswa yang akan mengikuti KBM tatap muka di kampus.

"Rencananya akan dimulai pada pekan depan dengan porsi 30 persen masuk kelas dan 70 persen lagi menggunakan media daring (online)," tutur Budi saat meninjau persiapan KBM tatap muka di STPI Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (6/3).

Selain itu, Budi memastikan KBM tatap muka tersebut juga hanya dikhususkan bagi kelas praktik saja, yang mana hal itu mengharuskan kehadiran peserta didik.

"Dalam implementasinya nanti, kegiatan belajar mengajar on campus tersebut akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya.

Lebih rinci, Budi menyebutkan penerapan protokol kesehatan di STPI yang wajib diikuti para mahasiswa dan tenaga pendidik yang menjalani KBM tatap muka.

Di antaranya, wajib mengenakan masker, mencuci tangan, periksa suhu badan sebelum masuk ruangan, wajib swab antigen dan mengatur jarak makan antar mahasiswa.

"Konsep makan para peserta menggunakan sistem blok (block system), di mana para siswa taruna dan taruni tidak mengkonsumsi makanan dalam satu meja dan saling membelakangi," jelas Budi menambahkan.

Melihat praktik simulasi penerapan protokol kesehatan ketat dalam rencana KBM tatap muka tersebut, Ketua satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo merasa optimis dengan kesuksesan penerapan KBM tatap muka di STPI.

Akan tetapi dia tetap berpesan agar apa yang telah dilaksakanan dengan baik, khususnya terkait pencegahan penularan Covid-19 tidak menjadi sia-sia hanya karena kelalian penerapan protokol kesehatan.

"Kalau kita konsisten, disiplin dan juga bisa kompak bersama-sama maka insya Allah bangsa kita akan bisa mengendalikan Covid-19 ini dengan baik," himbaunya.

"Selamat mengikuti kegiatan belajar tatap muka, semoga Allah SWT melindungi kita semua," pungkas Doni. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA