Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MWA UI Akan Gelar Webinar Series II, Usung Tema "Ketahanan Dan Kemandirian Kesehatan Indonesia"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 10 Maret 2021, 10:57 WIB
MWA UI Akan Gelar Webinar Series II, Usung Tema "Ketahanan Dan Kemandirian Kesehatan Indonesia"
Player webiner "Ketahanan Dan Kemandirian Kesehatan Indonesia"/Rep
rmol news logo Setelah sukses menyelenggarakan webinar pertama tentang ekonomi pada Januari 2021 lalu, kali ini 25 Maret 2021 Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) akan menggelar webinar series kedua tentang kesehatan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Webinar series kedua ini berkolaborasi dengan Kementerian Riset Dan Teknologi/Badan Riset Dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Mengingat saat ini Indonesia sedang menghadapi dan berperang melawan pandemi Covid-19 maka tema yang diangkat adalah "Ketahanan dan Kemandirian Kesehatan Indonesia", dimana beberapa isu penting akan menjadi fokus diskusi.

Antara lain: Disrupsi Teknologi Kesehatan terkait Big Data & Artifical Intelegence: Covid-19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia; Adaptasi dan Adopsi Teknologi; dan Medical Tourism.

Ketua MWA UI Saleh Husin mengatakan, tujuan dari webinar kali ini diharapkan para pembicara dapat membahas berbagai permasalahan kesehatan bangsa Indonesia termasuk kondisi pandemi yang sedang dialami.

"Juga diharapkan menghasilkan berbagai pemahaman dan usulan rekomendari kebijakan atau policy breef untuk membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia, yang nantinya akan dirangkum oleh Prof Budi Wiweko bersama teman teman dari FK UI guna menjadi satu sumbangan pemikiran untuk pemerintah," ujar Saleh Husin, Rabu (10/3).

Direncanakan Wakil Presiden Maruf Amin akan menjadi pembicara kunci dimana sebelumnya Saleh Husin selaku Ketua MWA UI memberikan welcome speech dan Rektor UI memberikan opening speech.

Diskusi panel dibagi dalam dua sesi. Pembicara pada sesi pertama dengan subtema Covid-19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawangsa, Jurubicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Dekan Fakultas Kedokteran UI Ari Fahrial Syam dan Sekretaris UI Agustin Kusumayati yang merupakan pakar kesehatan masyarakat, dan dipandu oleh moderator Leonard Samosir.

Dan pada panel sesi kedua dengan subtema Riset dan Inovasi Dalam Membangun Ketahanan dan Kemandirian Bangsa, dimana Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brojonegoro yang sekaligus menjadi koordinator acara webinar ini akan bersama Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Dekan Fakultas Teknik UI Hendri DS Budiono, Kepala Laboratorium UI Amarila Malik, Presiden Direktur Dexa Medica Ferry A. Soetikno, dan Wakil Direktur IMERI FK UI Budi Wiweko menjadi pembicara dengan moderator Sofie Syarief.

"Untuk itu saya berharap rekan-rekan dari pemerintah daerah terutama dinas kesehatan dan dinas terkait lainnya serta adik-adik mahasiswa terutama dari rumpun ilmu kesehatan dan teknik, termasuk siapapun warga masyarakat dapat bebas menjadi peserta webinar guna dapat memperdalam pemahamannya tentang kesehatan dari para nara sumber yang sangat kapabel dan pakar dalam bidangnya masing-masing," kata Saleh Husin.

Pendaftaran terbuka untuk umum dan registrasi dapat dilakukan melalui tautan http://ui.id/mwawebinarseri2 dan tidak dipungut biaya, serta peserta akan mendapat e-sertifikat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA