Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Grab Vaccine Center 3 in 1 Siap Dorong Program Vaksinasi Di Kabupaten Tangerang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 14 Maret 2021, 11:14 WIB
Grab Vaccine Center 3 in 1 Siap Dorong Program Vaksinasi Di Kabupaten Tangerang
Menkes Budi Gunadi Sadikan dan Menristek Bambang Brodjonegoro bersama dengan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di ICE BSD meresmikan Grab Vaccine Center pertama di dunia/Ist
rmol news logo Kabupaten Tangerang telah membuka pusat vaksinasi Grab Vaccine Center dengan pendekatan 3 in 1 pertama di dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pusat vaksinasi yang terletak di ICE BSD Exhibition Hall 10, Pagedangan, Kabupaten Tangerang itu diresmikan pada Sabtu (13/3). Peresmian dihadiri oleh Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

"Ini penting karena merupakan bentuk inovasi dalam pelayanan publik," ujar Bambang, seperti keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Minggu (14/3).

Bambang mengatakan, pusat vaksinasi itu merupakan kombinasi yang solid dari inovasi, penggunaan teknologi berbasis data, dan keunggulan operasional. Dengan adanya pusat pelayanan publik untuk vaksinasi diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19.

“Mengorganisir pelaksanaan program vaksinasi adalah tugas besar yang membutuhkan perencanaan dan rancangan yang komprehensif, serta pengelolaan yang cermat, dan mampu diwujudkannya lewat inovasi dan pendekatan teknologi," jelasnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Budi Gunadi dalam sambutannya. Ia mengatakan, kerja sama yang lebih solid perlu dilakukan untuk menyukseskan program vaksinasi nasional.

Menurut Ahmed Zaki Iskandar, program tersebut merupakan kerja sama antara Pemprov Banten, Pemkab Tangerang, Pemkot Tangerang Selatan dengan Grab dan Good Doctor.

"Ada 2.500 masyarakat Kabupaten Tangerang mitra Grab dan juga petugas transformasi umum yang diberikan vaksinasi hari ini sampai besok. Insya Allah bisa lebih dari 5.000 orang dan juga 1.000 lansia dari Kabupaten Tangerang,” kata Zaki.

Sementara itu, Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan ada tiga metode drive thru yang dilakukan untuk vaksinasi, yaitu empat roda, dua roda, dan walk-in. Orang yang akan mendapatkan vaksinasi harus melakukan pendaftaran melalui sistem terlebih dulu.

"Sehingga akan ada praregistrasi yang lebih clean, cepat. Inovasi, desain proses dan pelaksanaannya diinisasi anak-anak muda Indonesia," kata Ridzki.

Grab Vaccine Center akan beroperasi bersama dengan dinas kesehatan pemerintahan daerah mulai tanggal 13 hingga 14 Maret untuk gelombang pertama. Kemudian pada 10 hingga 11 April untuk gelombang kedua.

Vaksin disediakan oleh Kementerian Kesehatan dan akan tersedia untuk lansia dan pekerja publik di sektor transportasi yang memenuhi syarat Program Vaksinasi Nasional Tahap 2.

Peresmian pusat vaksinasi itu juga turut dihadiri oleh Sekda Prov Banten Al Muktamar, Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono, Dandim 0506/Tgr Kol Inf Bambang Herry Tugiyono, Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun Siregar, dan Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA