Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkes Akui Awalnya Kesulitan Deteksi Varian Baru Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 15 Maret 2021, 16:35 WIB
Menkes Akui Awalnya Kesulitan Deteksi Varian Baru Covid-19
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin/Ist
rmol news logo Virus Covid-19 varian baru B117 asal Inggris dipastikan telah muncul di Indonesia sejak awal tahun 2021. Oleh karenanya, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengaku telah menggalakan proses testing varian baru Covid-19 tersebut.

“Bahwa strategi untuk tracing dan testing untuk varian baru dari bulan Januari sudah mulai kita galakan,” tegas Budi Gunadi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/3).

Budi mengurai, dalam satu tahun terakhir pemerintah telah melakukan sebanyak 172 pemeriksaan genomik. Jumlah tersebut terbilang lebih rendah bila dibandingkan dengan negara lain.

“Sehingga kalau ada varian baru sulit teridentifikasi. Padahal beberapa negara setahun bisa 10 ribu testing yang dilakukan,” katanya.

Budi Gunadi melanjutkan, pemerintah berupaya meningkatkan kembali proses testing dengan membentuk jaringan lab bekerja sama dengan kemenristek/BRIN pada tanggal 8 Januari.

“Dan sesudah itu kita bisa bisa melihat testing-nya bisa meningkat dengan cukup pesat. Setelah meningkat, kita temui adanya varian baru yang sebenarnya sudah masuk di awal tahun,” katanya.

Pihaknya menambahkan, dua kasus pertama corona varian baru datang dari warga Karawang usai lawatan ke Arab Saudi.

“Kami sudah menindaklanjuti untuk tracing-nya dan alhamdulillah sampai sekarang semuanya masih negatif. Sekarang kita akan memperbanyak dan memperketat WGS dengan memanfaatkan seluruh jaringan lab yang ada di kami dan Kemenrinstek/BRIN,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA