Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serah Terima GeNose, Ketua KPCPEN: Ini Bagian Industri 4.0

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 22 Maret 2021, 15:52 WIB
Serah Terima GeNose, Ketua KPCPEN: Ini Bagian Industri 4.0
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Serah terima alat pendeteksi Covid-19 GeNose dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi/ BRIN dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di lobi Loka Kretagama, Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (22/3).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa GeNose merupakan alat screening inovasi dari Universitas Gadjah Mada yang mampu mendeteksi senyawa volatil organik dari hasil metabolik virus Covid-19 di dalam tubuh melalui embusan nafas.

“Telah menjalani uji klinis di 10 rumah sakit Indonesia dan telah memperoleh izin edar Kementerian Kesehatan. Berdasarkan informasi, tingkat akurasi negatinya 97 persen,” ucap Airlangga.

Dia menambahkan, GeNose sama seperti alat pendeteksi Covid-19 negara-negara sahabat seperti Breathonix dari Singapura, yang merupakan hasil uji klinis di Dubai, dan SpiroNose dari Belanda.

"Kehadiran ini tentu membanggalan karena ini produksi dan inovasi dari dalam negeri,” imbuh Airlangga yang juga menjabat Menko Perekonomian ini.

Airlangga menambahkan, alat ini memiliki kelebihan dibandingkan produk lain, yakni memiliki reliable yang tinggi, pengetesan cepat hanya memakan waktu dua menit dan berbasis pada artificial intelligents.

“Ini bagian dari industri revolusi 4.0 dan tindak lanjut itu perlu ada batas centre di mana alat-alat GeNose bisa diupload dalam data centre-nya Genose. Tentu ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kapabiliti dan juga deteksi pengenalan dari Covid-19 itu sendiri,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA