Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Hartarto: GeNose Bermanfaat Untuk Mendorong PPKM Mikro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 22 Maret 2021, 16:18 WIB
Airlangga Hartarto: GeNose Bermanfaat Untuk Mendorong PPKM Mikro
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Keberadaan GeNose hasil karya Universitas Gadjah Mada diyakini akan mampu membantu pemerintah dalam menjalankan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

"Tentu ini bermanfaat untuk mendorong PPKM Mikro. Dalam dua minggu ke depan dipersiapkan untuk prioritas sekolah (tatap muka). Adanya aktivitas yang massal seperti sekolah perlu ada mekanisme screening yang sifatnya harian,” ucap Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto di Gedung Ali Wardhana, Kemenko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (22/3).

Menurutnya, dengan menggunakan GeNose ini, deteksi dini Covid-19 tidak memakan waktu lama lantaran masyarakat hanya perlu meniup alatnya saja dan langsung keluar hasil pendeteksiannya.

"Dengan GeNose akan lebih praktis karena hanya tinggal meniup alat yang nanti akan di-detect dengan GeNose. Tentunya akan digunakan di berbagai tempat atau stasiun yang dibutuhkan dengan mobilitas tinggi,” katanya.

Selain di sekolah, GeNose akan disebar ke sejumlah fasilitas umum, seperti stasiun, terminal, dan juga bandara. Hal ini bertujuan untuk melakukan pendeteksian dini Covid-19.

"Kemarin PT KAI menetepkan tarif Rp 30 ribu, lebih murah dibandingkan yang lain. Tentu GeNose ini produksinya bisa ditingkatkan yang tadinya 3 ribu perbulan akan bisa ditingkatkan ke 10 ribu sampai 15 ribu di bulan Juni-Juli mendatang,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA