Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keputusan Melarang Mudik Tidak Mudah, Tapi Harus Dilakukan Demi Kebaikan Bersama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 31 Maret 2021, 05:30 WIB
Keputusan Melarang Mudik Tidak Mudah, Tapi Harus Dilakukan Demi Kebaikan Bersama
Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito/Ist
rmol news logo Larangan mudik lebaran tahun 2021 bagi ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN, dan pegawai swasta yang berlaku mulai 6 sampai 17 Mei 2021 semata-mata diputuskan demi kebaikan bersama.

Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan, keputusan tersebut diambil untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 yang kerap terjadi saat momentum libur panjang.

"Yang paling kita takutkan tentunya adalah naiknya angka kematian," kata Prof Wiku, Selasa (30/3).

Melihat perkembangan penanganan Covid-19 saat ini, Indonesia telah berhasil menurunkan penambahan kasus baru selama beberapa bulan terakhir. Dengan larangan mudik, diharapkan dapat mencegah transmisi virus Covid-19 dari orang per orang akibat tingginya mobilitas masyarakat yang berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.
 
"Keputusan untuk mengeluarkan kebijakan larangan mudik bukanlah keputusan yang mudah. Terlebih mengingat, ini adalah momentum kedua lebaran, yang kita lewati di tengah masa pandemi," kata Wiku.

Meski demikian, keputusan tegas ini harus diambil pemerintah setelah melalui pertimbangan risiko untuk dampak jangka panjang. Dan hal ini dilakukan demi kebaikan bersama.

"Sehingga kelak masyarakat bisa kembali berkumpul bersama keluarga di perayaan-perayaan besar berikutnya," pesan Wiku. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA