Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perketat Pintu Masuk Dari LN, Doni Monardo: Wajib Dua Kali Tes Swab!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 02 April 2021, 04:22 WIB
Perketat Pintu Masuk Dari LN, Doni Monardo: Wajib Dua Kali Tes Swab<i>!</i>
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo/Ist
rmol news logo Pemerintah Provinsi Jawa Timur diingatkan untuk lebih meningkatkan pemeriksaan pintu masuk luar negeri guna mengantisipasi Potensi penularan Covid-19 dari repatriasi Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke wilayah Tanah Air.

Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Ruang VIP, Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (1/4).

“Semua pintu masuk dari luar negeri harus dilakukan pemeriksaan yang lebih detail,” tegas Doni Monardo.

Menurutnya, hingga saat ini masih banyak ditemukan kasus positif dari repatriasi WNI maupun WNA yang masuk ke wilayah Tanah Air, kendati mereka telah membawa dokumen negatif tes usap atau swab test Polymerase Chain Reaction (PCR) dari negara asal.

Berdasarkan data WNI dan WNA yang tiba melalui bandara Soekarno-Hatta di Tangerang sejak akhir Desember 2020 hingga 26 Maret 2021, ada 614 orang dari total 1.974 dilaporkan terkonfirmasi positif Corona.

Oleh karenanya, Doni meminta semua yang masuk wajib melakukan dua kali tes usap dan karantina selama lima hari, sebagaimana yang telah menjadi arahan Presiden Joko Widodo.

Ketentuan tersebut juga sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 8/2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Wajib dua kali swab test,” tandas Doni. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA