Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Ingin Seperti India, Menkes Wanti-wanti Soal Larangan Mudik Hingga Prokes Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 19 April 2021, 20:48 WIB
Tak Ingin Seperti India, Menkes Wanti-wanti Soal Larangan Mudik Hingga Prokes Covid-19
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin (tengah berpakain batik coklat) dalam jumpa pers usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo dan Anggota Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta pusat, Senin, 19 April/Repro
rmol news logo Situasi Covid-19 di negara tetangga India menjadi satu alarm pencegahan yang disampaikan pemerintah untuk masyarakat Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pasalnya, Negeri Barata itu kini tengah memasuki gelombang ketiga pandemi Covid-19. Di mana, kasus positifnya kembali melonjak dan bahkan mencapai 260.000 orang terinfeksi dalam waktu sehari pada Minggu kemarin (18/4).

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan persoalan ini usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo dan Anggota Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta pusat, Senin (19/4).

"India kenaikan kasusnya melonjak dengan sangat tinggi disaat di mana vaksinasinya sukses dan jumlah kasusnya menurun drastis," ujar Budi dikutip melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menduga penyebab lonjakan kasus di India dikarenakan dua hal.  Yakni pertama mutasi baru virus Covid-19 dan mengendurnya kesadaran masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan virus seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M).

"(Mutasi virus Covid-19) sudah masuk juga di Indonesia, walaupun kita masih sedikit insidennya. Yang paling penting adalah, karena mereka (India), vaksinasinya sudah tinggi, jumlah konfirmainya menurun, mereka lupa dan kurang waspada, mereka mengendurkan protokol kesehatan," papar Budi.

Maka dari itu, Indonesia yang kini tengah berada dalam kondisi yang cukup membaik diwanti-wanti Budi, agar bisa dipertahankan melalui kerjasama aktif antara pemerintah dengan masyarakat.

Yaitu, dengan cara menerapkan secara displin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, mengikuti program vaksinasi, serta tetap menerapkan prokes Covid-19.

"Laju penularan kasus kofirmasi, keterisian rumah sakit, tolong kita jaga. Kita jaga diri kita, tetap waspada, hati-hati, disiplin prokes, menaati PPKM Mikro yang menurut kami sudah baik jalannya," ucap Budi.

"Kalau itu bisa tetap dijalankan di masa Ramadan dan Idul Fitri ini, kita tidak usah mengalami seperti yang ada di India," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA