Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersiap Hadapi Mutasi Virus Covid-19, Kemenkes Bakal Percepat Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 24 April 2021, 18:00 WIB
Bersiap Hadapi Mutasi Virus Covid-19, Kemenkes Bakal Percepat Vaksinasi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Net
rmol news logo Sejumlah varian baru virus Covid-19 yang sudah masuk Indonesia menjadi satu alasan yang dipakai pemerintah unutk mempercepat proses vaksinasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap varian baru Covid-19. Utamanya, varian B117 dari INggris yang sudah masuk ke wilayah Indonesia.

"Berdasarkan data dari Jejaring Surveilans Genomik Indonesia melaporkan sejak Januari 2020 hingga Maret 2021 telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 1191 sekuens SARS-CoV-2. Hasilnya ditemukan adanya mutasi virus B117 dari Inggris sejak Januari," ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (24/4).

Menurut mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, potensi varian Covid-19 lainnya seperti B1351 dari Afrika Selatan dan P1 dari Brazil masuk Indonesia bisa terjadi. Imbasnya, bisa terjadi lonjakan kasus seperti di India.

"Akibatnya penularan terjadi kembali dengan mutasi baru dan naik sangat tinggi. Ini pelajaran bagi kita semua agar selalu berhati-hati mengamati laju penularan Covid-19 ini," ucapnya.

Maka dari itu, Budi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap  dengan menaati protokol kesehatan dan sesegera mungkin mengikuti program vaksinasi di sentra vaksinasi terdekat bagi yang belum mendaftar.

"Kita harus selalu hati-hati, kita harus mempercepat program vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan untuk memastikan bahwa pada saat varian of convern B117 ini makin besar porsinya, kita siap," demikian Budi Gunadi Sadikin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA