Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mutasi Virus Dari India Dan Afrika Sudah Masuk Indonesia, Menkes: Dua Di Jakarta Dan Satu Di Bali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 03 Mei 2021, 15:38 WIB
Mutasi Virus Dari India Dan Afrika Sudah Masuk Indonesia, Menkes: Dua Di Jakarta Dan Satu Di Bali
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers usai Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 3 Mei/Repro
rmol news logo Mutasi virus Covid-19 yang berasal dari luar negeri, dikonfirmasi oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, sudah masuk ke sejumlah daerah di Indonesia.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India, ada dua insiden yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta. Dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk itu yang ada di Bali," ujar Budi dalam jumpa pers usai Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (3/5).

Oleh karena itu, Budi menyatakan bahwa kasus mutasi virus Covid-19 yang sudah masuk Indonesia bukan hanya yang berasal dari Inggris dengan kode B117. Di mana, sudah ada 13 kasus yang ditemukan oleh pemerintah.

Melainkan, sudah ada dua mutasi virus lainnya yang berasal dari India dan juga Afrika Selatan, dan menjadi concern Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena potensi penularannya yang relatif tinggi atau cepat.

Lebih lanjut, Budi menghimbau kepada sleuruh masyarkat untuk waspada terhadap jenis virus baru dari luar tersebut. Dia berharap testing dan tracing di daerah-daerah yang terdapat penyebaran mutasi virus Covid-19 India dan Afrika Selatan bisa diperkuat.

Dan juga yang paling penting, sekali lagi, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Apapun virusnya, apapun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, insyaallah harusnya penularan tidak terjadi," ucapnya.

"Itu sebabnya kenapa saya akan terus-menerus mengingatkan bahwa protokol kesehatan itu harus dijalankan oleh kita semua di manapun kita berada," demikian Budi Gunadi Sadikin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA