Farah.ID
Farah.ID

Klaster Keluarga Mendominasi Kasus Aktif di Kota Semarang

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 13 Mei 2021, 16:54 WIB
Klaster Keluarga Mendominasi Kasus Aktif di Kota Semarang
Walikota Semarang, Hendrar Prihadi/RMOLJateng
Kasus aktif Covid-19 di Kota Semarang diklaim mulai terus menurun.

Data dari siagacorona.senarangkota.go.id per sore hari ini menunjukkan angka 245 pasien positif dari kota Semarang dan 108 pasien dari luar kota Semarang. Sehingga total kasus yang ada dikota Semarang pada hari ini, Kamis (13/5) mencapai 353 kasus.

Dari angka tersebut, diketahui didomimasi oleh klaster keluarga.

Hal ini disampaikan langsung oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi usai mengunjungi pasien Covid-19 yang ada di rumah dinas.

"Sebagai informasi, perkembangan Covid-19 di Kota Semarang, meskipun sudah mulai landai tapi ada sebuah perubahan klasternya. Klasternya hari ini didominasi oleh klaster keluarga," ucap Hendi diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Kamis (13/5).

Klaster keluarga ini muncul karena penularan virus yang ada di dalam lingkup keluarga, seperti bapak ke anak dan istrinya, juga sebaliknya.

"Ada juga kasus yang anak atau ibu menularkan virus ke ayahnya. Itu cerita yang sering terjadi dan terdengar di Kota Semarang," lanjutnya.

Dengan munculnya klaster keluarga saat momen hari raya Idulfitri seperti ini, yang identik dengan acara kumpul antarkeluarga, pihaknya mengimbau agar warga Semarang terus meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan.

"Mau beraktivitas ya silakan. tapi tetap harus pakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA