Farah.ID
Farah.ID

Jadi Penyumbang Positif Covid-19, Gubernur Se-Sumatera Diminta Serius Antisipasi Arus Balik Lebaran

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 13 Mei 2021, 20:39 WIB
Jadi Penyumbang Positif Covid-19, Gubernur Se-Sumatera Diminta Serius Antisipasi Arus Balik Lebaran
Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito/Ist
Peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi di Pulau Sumatera belakangan ini patut disikapi serius oleh para kepala daerah.

“Karena ada peningkatan eskalasi kasus positif Covid-19 di hampir semua provinsi di Sumatera, Satgas meminta semua gubernur mengambil langkah untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19 ini,” kata Jurubicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi persnya, Kamis (13/5).

Salah satu yang perlu disikapi adalah gelombang arus balik Idulfitri 2021. Pemerintah daerah diminta melakukan pemeriksaan secara ketat dan detail terhadap kelengkapan dokumen warga yang akan bepergian.

Satgas Covid-19 sendiri nantinya akan mengeluarkan surat tentang antisipasi perjalanan masyarakat pada arus balik Idulfitri 2021.

“(Kepala Daerah) Wajib melakukan pemeriksaan secara teliti dan cermat terhadap dokumen PCR atau swab antigen atau GeNose pada setiap pelaku perjalanan dalam masa arus balik Idulfitri ini,” tandasnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, wilayah Pulau Sumatera mengalami peningkatan kasus Covid-19 cukup signifikan. Sejak bulan April 2021, Provinsi Sumatera kerap masuk kategori 10 besar provinsi dengan kasus Covid-19 tertinggi skala nasional.

Bahkan di bulan Mei ini, kontribusi kasus positif corona meningkat sekitar 27,22 persen dibanding Januari 2021.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA