Farah.ID
Farah.ID

Jelang Pembukaan Sekolah, Anthony Fauci: Siswa Yang Belum Divaksin Harus Tetap Gunakan Masker Di Dalam Kelas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Mei 2021, 08:58 WIB
Jelang Pembukaan Sekolah, Anthony Fauci: Siswa Yang Belum Divaksin Harus Tetap Gunakan Masker Di Dalam Kelas
Pakar penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat (AS), Anthony Fauci/Net
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengumumkan pada bahwa orang yang telah mendapat vaksinasi Covid-19 tidak perlu lagi memakai masker atau menjaga jarak sosial baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Hal itu juga berlaku bagi anak-anak sekolah.

Menjelang dibukanya kembali sekolah tatap muka pada musim gugur ini, panduan dari CDC mengatakan, siswa yang belum mendapat vaksinasi belum bisa bebas mengikuti kelas tanpa masker. Hal itu diperkuat dengan pernyataan dari pakar penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat (AS), Anthony Fauci.

"Anak-anak yang belum divaksinasi Covid-19 masih perlu memakai masker di ruang kelas musim gugur ini, kata Fauci, pada Jumat (14/5) seperti dikutip dari CNN.

Anak-anak usia 12 hingga 15 tahun sekarang berhak mendapatkan vaksinasi dengan suntikan Pfizer dan studi tambahan menunjukkan bahwa 'anak-anak dari segala usia' dapat diinokulasi segera setelah akhir tahun, menurut Fauci,

Khusus untuk anak-anak sekolah dasar kemungkinan belum mendapat vaksin sampai nanti diumumkan kembali.

Bagi mahasiswa, Fauci bisa menjamin bahwa sebagian besar sekolah akan mewajibkan orang yang tidak divaksinasi untuk memakai masker di kampus.

Pedoman baru CDC jelas menegakan bahwa kelompok yang tidak divaksinasi serta anak-anak sekolah dasar tetap mengikuti prosedur awal, yaitu harus menggunakan masker. "Tidak ada (peraturan) yang berubah untuk mereka,” kata Fauci.

“Saya pikir ini adalah langkah yang sangat penting untuk mencoba kembali ke tingkat normalitas tertentu. Karena ini adalah sesuatu yang diharapkan semua orang, bisa berkeliling tanpa maker di dalam ruangan maupun di luar ruangan, ini benar-benar merupakan langkah besar ke arah itu,” kata Fauci.

Panduan baru CDC mengatakan bahwa orang Amerika yang tidak divaksinasi bagaimanapun, harus tetap memakai masker jika berada di luar dengan sekelompok orang yang telah divaksinasi penuh.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA