Farah.ID
Farah.ID

Doni Monardo Peringatkan Orang Yang Berpergian Ke Zona Merah Saat Lebaran Lakukan Isolasi Mandiri

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 18 Mei 2021, 00:14 WIB
Doni Monardo Peringatkan Orang Yang Berpergian Ke Zona Merah Saat Lebaran Lakukan Isolasi Mandiri
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo/Repro
Warga yang pada liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah berpergian keluar rumah dihimbau untuk melakukan isolasi di rumah selama 14 hari ke depan.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo meminta hal tersebut bisa dilaksanakan, agar bisa menekan lonjakan kasus Covid-19 yang pernah terjadi pasca libur panjang lebaran tahun 2020 yang lalu.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini, utamanya memperingatkan masyarakat yang melakukan perjalanan ke daerah yang rawan penularan atau masuk kategori zona merah Covid-19.

“Lakukan karantina mandiri di tempat masing-masing, posko yang ada di tiap-tiap desa," ujar Doni dalam jumpa pers usai Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (17/5).

"Dan juga kelurahan bisa efektif bekerja keras selama satu sampai dua minggu ke depan untuk melakukan pengawasan kepada mereka yang kembali dari bepergian,” sambungnya.

Keberadaan posko COVID-19 yang diatur dalam ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro), lanjut Doni, memiliki peran signifikan dalam pelaksanaan karantina mandiri ini.

Selain itu, Doni menyampaikan apresiasi Presiden Joko Widodo kepada posko Covid-19 yang ada di daerah hingga ke tingkat desa dan kelurahan yang melakukan pengawasan selama masa libur lebaran.

Namun, Doni mengutarakan keinginan Jokowi agar posko Covid-19 di daerah bisa mengimbau dan memantau masyarakat yang bepergian melakukan karantina mandiri secara maksimal.

Karena itu, Doni menekankan agar masyarakat yang pernah mengunjungi daerah zona merah untuk bisa displin mengikuti himbauan pemerintah, yaitu melakukan karantina mandiri.

“Imbauan kami kepada seluruh pimpinan, seluruh komunitas untuk mengingatkan mereka yang kembali dari daerah-daerah yang Zona Merah dan Zona Oranye, mohon berkenan untuk melakukan karantina mandiri di kediaman,” imbuhnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA