Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lebaran Usai, Kemenkes Genjot Vaksinasi Untuk Kelompok Lansia

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 18 Mei 2021, 02:14 WIB
Lebaran Usai, Kemenkes Genjot Vaksinasi Untuk Kelompok Lansia
Ilustrasi vaksinasi untuk kelompok lanjut usai (Lansia) yang dilakukan petugas kesehatan/Net
Penyuntikkan vaksin Covid-19 untuk kelompok lanjut usia (Lansia) akan digenjot pemerinta paska Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, dalam jumpa pers usai Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (17/5).

“Sesudah kita agak mengurangi laju vaksinasi karena kurangnya jumlah vaksin di akhir April dan juga masuk bulan Ramadan dan Lebaran, ini saatnya kita menggenjot kembali vaksinasi,” ujar Budi dikutip melalui website Sekretariat Kabinet, Selasa (18/5).

Dalam vaksinasi nanti, Budi memastikan satu kelompok prioritas penerima vaksin akan ditingkatkan. Sebab, kelompok ini merupakan orang-orang yang memiliki tingkat kerentanan cukup tinggi terhadap Covid-19.

"Tolong pastikan vaksinasinya ditingkatkan lagi, diperbanyak lagi terutama untuk para lansia karena merekalah yang paling rentan, kemungkinan masuk rumah sakitnya tinggi, dan wafatnya tinggi,” tuturnya.

Budi mengungkapkan, saat ini ada dua wilayah yang memiliki cukup banyak lansia sudah divaksin. Sementara, daerah yang memiliki fatality rate tinggi seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, belum maksimal.

"Lansia yang paling banyak divaksin adalah DKI Jakarta dan Bali, dan itu mudah-mudahan bisa mengurangi jumlah orang yang masuk rumah sakit dan wafat,” imbuhnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA