Farah.ID
Farah.ID

Puncak Covid-19 Pasca Libur Lebaran Diprediksi Terjadi Pada Juni

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 27 Mei 2021, 15:34 WIB
Puncak Covid-19 Pasca Libur Lebaran Diprediksi Terjadi Pada Juni
Ilustrasi perawatan pasien yang terkonfirmasi Covid-19/Net
Tren peningkatan kasus positif baru Covid-19 akibat momen libur Idulfitri 1442 Hijriyah kemarin bakal mencapi posisi 'puncak gunung es' di pertengahan Juni mendatang.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (27/5).

Berdasarkan analisis evaluasi data lonjakan kasus Covid-19 selama libur tahun baru Islam, 1 Muharram, Natal dan Tahun Baru tahun lalu, Dante menerangkan bahwa lonjakan kasus mulai terlihat pada enam sampai tujuh hari usai mobilitas masyarakat pada hari libur lebaran terjadi.

"kita akan melihat pola ini akan berulang, dan peningkatan kasus itu kalau lihat polanya, akan teramati minggu ini. Mulai naik minggu 23 sampai 28 (Mei)," ujar Dante.

Karena itu, dia memperkirakan pola serupa bakal terlihat hingga kurun waktu menjelang bulan Juni. Sehingga, dia pun sudah bisa memprediksi besaran kenaikan yang akan terjadi akibat momen lebaran tahun ini.

"Dan enam sampai tujuh minggu itu kira-kira akan mencapai puncak pada pertengahan Juni," ungkap Dante.

"Seberapa volatile peningkatan ini akan menunjukkan persentasenya nanti akan kita lihat, tetapi kami mengambil ancang-ancang situasi kira-kira 50 persen," tuturnya. menambahkan.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA