Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada Lonjakan Covid-19 Pasca Lebaran, Wamenkes: Kapasitas Respon Perawatan 10 Banding 100 Penduduk Di Aceh Hingga Jateng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 27 Mei 2021, 16:59 WIB
Waspada Lonjakan Covid-19 Pasca Lebaran, Wamenkes: Kapasitas Respon Perawatan 10 Banding 100 Penduduk Di Aceh Hingga Jateng
Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono/Repro
rmol news logo Puncak lonjakan kasus Covid-19 pasca Idulfitri 1442 Hijriyah diprediksi Kementerian Kesehatan terjadi pada pertengahan Juni mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono meminta pemerintah daerah untuk mewaspadai hal tersebut.

Pasalnya, Kementerian Kesehatan sudah melihat laju peningkatan kasus Covid-19, sehingga pemda diharap bisa mengambil beberapa langkah antisipasi.

"Di Kepulauan Riau sudah mulai meningkat, kemudian di Aceh sudah mulai meningkat, kemudian di Maluku juga sudah mulai meningkat, dan Kalimantan Barat serta Sumatera Utara juga sudah mulai meningkat," kata Dante dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (27/5).

Lebih detail, Dante menyebut Kepulauan Riau masuk ke dalam provinsi yang mengalami peningkatan transmisi komunitas dalam tiga bulan terakhir, karena temuan kasus positifnya mencapai 50 sampai 150 kasus per 100 ribu penduduk per minggu.

Sedangkan jika melihat tren perawatan Covid-19, Dante mengurai bahwa sejumlah rumah sakit di beberapa provinsi sudah mengalami peningkatan dalam tiga bulan terakhir.

"Yaitu di daerah Sumatera Utara, kemudian di Kepulauan Riau, dan Riau. Ini juga sudah mulai meningkat," kata Dante.

"Sedangkan untuk kapasitas respon perawatan, ditaksir cukup memberikan beban terhadap petugas kesehatan, dalam hal ini perawat pasien Covid-19 di rumah sakit.

"(Ada) lima sampai 10 perawatan per 100 ribu penduduk, di Aceh, Kalimantan Utara, kemudian Kalimantan Barat, dan Jawa Tengah juga sudah mulai meningkat," demikian Dante menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA