Farah.ID
Farah.ID

Pasien Luar Kota Membludak, RS Wongsonegoro Kembali Buka Ruang Isolasi Covid-19

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 30 Mei 2021, 21:54 WIB
Pasien Luar Kota Membludak, RS Wongsonegoro Kembali Buka Ruang Isolasi Covid-19
Ilustrasi ruang perawatan di rumah sakit/Net
RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro kini menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dari luar Kota Semarang sejak terjadi peningkatan kasus corona.

Kebanyakan, pasien luar kota yang dirujuk berasal dari Kudus, Pati, Jepara dan Demak. Hingga saat ini, sudah ada 54 pasien dari luar Kota Semarang yang dirujuk ke RSWN.

"Jumlahnya dari Jumat lalu terus mengalami kenaikan, dan hingga hari ini ada 54 pasien luar kota yang mayoritas dari Kudus dan Pati," kata Direktur RSWN, Susi Herawati diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (30/5).
 
Total pasien yag saat ini dirawat di RSWN mencapai 112 orang dengan kondisi beragm, mulai sedang hingga kritis.

"Karena banyak yang kami terima berat-berat, kami juga menjemput pasien untuk dirawat di RSWN. Pasien yang masuk juga memiliki penyakit penyerta," beber Susi.

Sedangkan untuk ketersedian ruang isolasi, saat ini ada 123 tempat tidur isolasi, 38 tempat tidur ICU Isolasi, dan 17 tempat tidur isolasi di IGD.

"Total kami sediakan 180 ruang isolasi bagi pasien dalam dan luar Semarang. Yang dari luar kota memang semuanya bergejala, karena yang tidak bergejala tetap dirawat di kota masing-masing," lanjutnya.

Dari data RSWN, Rumah Sakit milik Pemkot Semarang ini sempat membuka hingga 257 tempat tidur. Bahkan saat kasus Covid di Kota Semarang menurun, hanya 81 tempat tidur yang digunakan dan selebihnya ditutup.

"Nah ini kita buka lagi karena menerima pasien dari luar Semarang," pungkasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA