Farah.ID
Farah.ID

20 Juta Dosis Bisa Kelar Sebulan, Menkes: Kita Sudah Menyentuh Angka 500 Ribu Vaksinasi Per Hari

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 31 Mei 2021, 23:26 WIB
20 Juta Dosis Bisa Kelar Sebulan, Menkes: Kita Sudah Menyentuh Angka 500 Ribu Vaksinasi Per Hari
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Net
Jumlah warga yang divaksin Covid-19, dipastikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, akan terus meningkat sesuai target minimum herd immunity 181,5 juta penduduk Indonesia.

Dia mengungkapkan, sampai bulan Mei ini jumlah warga yang sudah divaksin sudah sekitar setengah juta orang.

"Kita sudah kembali menyentuh angka 500 ribu per hari vaksinasinya," ujar Budi dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (31/5).

Dari jumlah tersebut, Budi mengkalkulasi jumlah vaksin yang dibutuhkan dalam sebulan mencapai puluhan juta.

"Alhamdulillah bulan ini kita memiliki stok yang ada di tangan sekitar 20 juta [dosis vaksin], jadi kalau dibagi 30 hari mampu lah kita menyuntik sebanyak 500-650 ribu suntikan per hari,” tuturnya.

Lebih lanjut, Budi menyebutkan bahwa jumlah orang yang kelar divaksin hingga 30 Mei mencapai 26,9 juta dosis. Dia meyakini, dalam waku dekat angka tersebut meningkat menjadi 27 juta dosis.

Kendati begitu, Budi menekankan pentingnya memprioritaskan kelompok masyarakat yang rentan tertular Covid-19. Misalnya, kaum lanjut usia (lansia) berumur 60 tahun ke atas.

"Saya minta ke seluruh gubernur, kepala daerah, bupati, wali kota, untuk segera mempercepat program vaksinasinya. Tolong dipastikan itu diprioritaskan ke lansia," imbaunya.

"Kalau kita bisa prioritaskan vaksinasi ke lansia insyaallah yang masuk rumah sakit akan jauh berkurang, insyaallah yang wafat juga akan banyak berkurang," demikian Budi menambahkan.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA