Farah.ID
Farah.ID

140 Tenaga Medis Terpapar Covid-19 Meski Sudah Divaksin, Ini Kata Menkes

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 01 Juni 2021, 00:47 WIB
140 Tenaga Medis Terpapar Covid-19 Meski Sudah Divaksin, Ini Kata Menkes
Ilustrasi: Tenaga medis penanganan Covid-19 menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)/Net
Vaksinasi belum tentu menghindarkan seseorang terpapar virus Covid-19. Pasalnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengkonfirmasi, ada ratusan tenaga medis terkonfirmasi positif di Kudus, Jawa Tengah.

Namun menurutnya, vaksinasi yang sudah diikuti para tenaga medis juga mampu mengurangi risiko keparahan pada kelompok masyarakat yang rentan terpapar Covid-19 ini.

“Saya sampaikan juga tadi ke Bapak Presiden, contohnya di Kudus sudah 140 tenaga kesehatan juga terekspos ke (terpapar) Covid-19, untungnya mereka sudah divaksinasi, sehingga sebagian besar adalah OTG (orang tanpa gejala)," ujar Budi dalam keterangan pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (31/5).

"Mudah-mudahan yang terkena akan bisa lebih cepat sembuh karena antibodinya sudah terbentuk,” sambungnya.

Seiring dengan digulirkannya vaksinasi, Menkes juga kembali mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, agar dapat mengurangi risiko penularan pandemi.

“Imbauan saya kepada para masyarakat, tolong bantu teman-teman kesehatan kita ini yang sudah berkorban untuk melayani kita semua dengan cara itu tadi," ungkap Budi mengimbau.

"Tetap disiplin pakai masker. Kalau kita bisa disiplin pakai masker pengurangannya jauh sekali risiko terkenanya,” tandasnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA