Farah.ID
Farah.ID

Satgas Minta Enam Pemprov Di Jawa Turunkan Angka Sumbangsih Kasus Covid

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 02 Juni 2021, 02:49 WIB
Satgas Minta Enam Pemprov Di Jawa Turunkan Angka Sumbangsih Kasus Covid
urubicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito/Repro
Sumbangan pulau Jawa terhadap kasus positif Covid-19 mencapai 53 persen dari total kasus sebesar 1.826.527 orang.

Jurubicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan bahwa pihaknya meminta 6 pemerintah provinsi (Pemprov) di Jawa menurunkan angka tersebut.

Pasalnya Satgas mencatat, selaam satu minggu belakangan enam provinsi tersebut masih mengalami kenaikan cukup signifikan. Yang antara lain berada di provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Ini adalah angka yang cukup tinggi. Mengingat hanya dengan 6 provinsi di Pulau Jawa mampu menyumbang lebih dari setengah dari total kasus nasional,' ujar Wiku dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (1/6).

Adapun dari data penambahan kasus positif baru yang sebanyak 48.821 kasus, rincian kontribusi paling banyak dari lima provinsi. Yakni Jawa Barat 7.246 kasus, Jawa Tengah 5.568 kasus, DKI Jakarta 5.324 kasus, Riau 4.737 kasus dan Kepulauan Riau 2.008 kasus.

Karena itu, Wiku meminta pemda-pemda memberikan perhatian lebih serius kepada wilayahnya masing-masing dengan evaluasi penanganan Covid-19 secara lokal.

Selain itu, Satgas juga emminta agar seluruh provinsi di Pulau Jawa untuk melakukan konsolidasi antarwilayah. Karena menurut Wiku, karakteristik yang mirip, perlu ditangani secara bersama-sama agar kebijakan yang diterapkan sejalan.

"Manfaatkan forum komunikasi seperti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang dilakukan antar wilayah. Hal ini dapat menjadi wadah bagi pimpinan daerah pada 6 provinsi ini, untuk bertemu dan bersama-sama merumuskan penanganan terbaik untuk Covid-19 di Pulau Jawa," demikian Wiku Adisasmito.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA