Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Cuma Di DKI, Kemenkes Temukan Varian Delta Menjangkiti Warga Di Kudus Dan Bangkalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 14 Juni 2021, 21:08 WIB
Tak Cuma Di DKI, Kemenkes Temukan Varian Delta Menjangkiti Warga Di Kudus Dan Bangkalan
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/Repro
rmol news logo Varian baru virus Covid-19 kode B1617.2 yang terkenal mewabah di India telah menjangkiti warga di tiga daerah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengumumkan hal trsebut dalam jumpa pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (14/6).

Dalam kesempatan tersebut, Budi mengaku telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo mengenai sebaran varian delta di tiga daerah Indonesia.

"Beberapa daerah seperti Kudus, DKI Jakarta, dan juga Bangkalan memang sudah terkonfirmasi varian Delta-nya atau B1617.2 atau juga varian dari India mendominasi," ujar Budi.

Maka dari itu, Budi menyampaikan pesan yang disampaikan Jokowi. Yaitu, meminta agar protokol kesehatan Covid-19 diterapkan secara displin dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM berbasis mikro.

Mantan Wakil Menteri BUMN ini mengatakan, sejauh ini pemerintah telah menyusun aturan penerapan protokol kesehatan di berbagai zonasi baik yang risiko penularannya tinggi (zona merah), sedang (zona oranye), maupun daerah risiko rendah (zona kuning).

Namun, disiplin atas implementasi protokol kesehatan di lapangan dinilai masih rendah. Sehingga, Budi mengisyaratkan perintah Jokowi agar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo turun memastikan penerapan protokol kesehatan di lapangan sesuai dengan yang dibuat pemerintah.

"Sehingga beliau meminta agar ketiga aktivitas di mana kesempatan untuk membuka maskernya tinggi, ini benar-benar diperhatikan," ucap Budi.

"Dan sekali lagi implementasi di lapangannya diperketat untuk kegiatan-kegiatan seperti liburan panjang, kegiatan-kegiatan pariwisata yang berkerumun, dan juga kegiatan-kegiatan makan bersama," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA