Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasatgas IDI Rekomendasikan Istilah Lockdown Untuk Fokus Penanganan Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 15 Juni 2021, 22:51 WIB
Kasatgas IDI Rekomendasikan Istilah <i>Lockdown</i> Untuk Fokus Penanganan Pandemi
Kepala Satuan Tugas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (Kasatgas IDI), Zubairi Djoerban/Net
rmol news logo Lonjakan kasus Covid-19 pasca momen Idul Fitri yang tercatat mulai sepekan ke belakang mengisyaratkan dibutuhkannya penanganan yang lebih serius dan tegas oleh pemerintah.

Kepala Satuan Tugas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (Kasatgas IDI), Zubairi Djoerban, memberikan saran kepada pemerintah untuk mengubah istilah kebijakan pembatasan yang diberlakukan di Indonesia.

Menurutnya, hal itu penting untuk mengkonstruksi kebijakan penanganan pandemi yang lebih tegas, sehingga segala macam upaya yang dimiliki negara difokuskan untuk penanganan Covid-19.

"Didasari melonjaknya kasus Covid-19 dan rawat inap, saya merasa Indonesia butuh istilah baru sebagai ganti PPKM Mikro. Saya rekomendasikan kata lockdown," ujar Zubairi dalam akun Twitternya, Selasa (15/6).

Menurut Guru Besar Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia ini, penggunaan istilah lockdown bertujuan untuk memperkuat sistem monitoring yang lebih tegas dan lebih serius oleh pemerintah.

Akan tetapi, Zubairi menyarankan agar dalam tataran teknis pelaksanaan kebijakannya tetap sesuai dengan yang sudah berjalan, yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

"Meski isi konten kebijakannya tidak jauh beda dengan PPKM," demikian Zubairi Djoerban.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per Selasa ini (15/6), kasus positif bertambah sebanyak 8.161 orang. Sementara kasus sembuh naik 6.407 orang.

Secara total, kasus sembuh tercatat sudah menembus angka 1.757.641 orang atau 91,2 persen dari total kasus positif yang sudah mencapai 1.927.708 orang.

Untuk pasien positif yang meninggal hari ini tercatat sebanyak 164 orang. Totalnya hingga hari ini sudah sebanyak 53.280 orang atau sebanyak 2,8 persen dari total kasus positif.

Untuk kasus aktif, Satgas Covid-19 mencatat adanya kenaikan hingga 1.590 orang. Namun totalnya kini sudah kembali ke angka 116.787 orang atau 6,1 persen dari total kasus positif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA