Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Bupati Tangerang Tambah Tempat Tidur RS Hingga Swab Keliling

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 16 Juni 2021, 20:58 WIB
Antisipasi Lonjakan Covid-19, Bupati Tangerang Tambah Tempat Tidur RS Hingga Swab Keliling
Fasilitas swab keliling untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Tangerang/Ist
rmol news logo Peningkatan kasus Covid-19 selama dua minggu terakhir menjadi atensi serius Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

Zaki bahkan langsung mengumpulkan seluruh kepala rumah sakit pemerintah, RS swasta, serta camat dan kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Tangerang secara virtual.

"Kita siapkan penambahan fasilitas tempat tidur perawatan khusus pasien Covid-19. Baik itu tempat tidur perawatan biasa maupun tempat perawatan ICU," kata Ahmed Zaki dalam keterangan resminya, Rabu (16/6).

Ia berharap satu atau dua minggu ke depan keadaan kembali normal dan tidak ada ledakan kasus Covid-19.

Untuk itu, Ahmed Zaki menginstruksikan beberapa hal, di antaranya penambahan tempat tidur perawatan bagi pasien terpapar Covid-19. Ia juga meminta RSUD dan jajarannya mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat.

"Kami berharap program vaksinasi 15 ribu per hari segera dilaksanakan," ujar Zaki.

Masyarakat juga diminta menerapkan 5 M, yaitu disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer. Kemudian menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Kami juga sedang mempertimbangkan untuk pembatasan kegiatan perkantoran, di pabrik dan juga di pusat perbelanjaan," tandasnya.

Di sisi lain, Pemkab Tangerang menyediakan layanan mobil Swab PCR keliling di Kantor Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang selama 5 hari, mulai 14 sampai 18 Juni.

Layanan mobil Swab PCR keliling mampu memeriksa hingga 300 sampel per hari dan dapat diikuti warga di luar wilayah Kecamatan Legok dengan hanya membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Pemkab Tangerang lewat Dinas Sosial juga menyalurkan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA