Farah.ID
Farah.ID

Darurat Corona! Pemprov Jabar Buka Rekrutmen Lebih Dari 400 Relawan Medis

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 18 Juni 2021, 22:54 WIB
Darurat Corona! Pemprov Jabar Buka Rekrutmen Lebih Dari 400 Relawan Medis
Tenaga medis yang bertugas menangani pasien Covid-19 kelelahan/Net
Melonjaknya kasus Covid-19 di Jawa Barat membuat SDM di rumah sakit kewalahan dalam menangani pasien corona.

Guna mengatasinya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka rekrutmen tim relawan medis penanganan Covid-19. Nantinya, relawan yang mendaftar akan ditempatkan di sejumlah rumah sakit pemerintah, khususnya di Bandung Raya.

Seperti diketahui, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Provinsi Jawa Barat menetapkan Bandung Raya dalam status siaga 1 akibat lonjakan kasus luar biasa pascalibur lebaran.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Barat, Juanita Paticia Fatima, setidaknya Jabar membutuhkan 400 relawan untuk diperbantukan.

"Kami membutuhkan lebih dari 400 relawan medis yang akan dialokasikan di berbagai rumah sakit di Jawa Barat, khususnya di Bandung Raya," ucap Juanita diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (18/6).  

Ia menyebut, posisi relawan yang dibutuhkan meliputi dokter, perawat, nutrisionis, apoteker, tenaga teknis kefarmasian, ahli teknologi laboratorium medik, ahli rekam medis, sanitarian, nutrisionis serta radiografer.

"Rekrutmen relawan medis perlu dilakukan menyusul peningkatan kasus dan keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) se-Bandung Raya," jelasnya.

Nantinya, para calon relawan bisa mendaftar melalui fitur daftar relawan yang ada di aplikasi Pikobar, atau melalui laman resmi indorelawan.org. Calon relawan cukup menyertakan syarat berupa STR atau sertifikat kompetensi dan keanggotaan BPJS aktif.

"Mudah-mudahan makin banyak relawan-relawan yang dapat bergabung untuk pemulihan  pandemi di Jabar," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA